Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief saat memimpin rapat persiapan kegiatan Hari Pramuka (foto : Diskominfo / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Jember Drs. KH. A. Muqit Arief saat memimpin rapat persiapan kegiatan Hari Pramuka (foto : Diskominfo / Jatim TIMES)

Menjelang peringatan ke-59 Hari Pramuka yang akan digelar pada 14 Agustus mendatang, tahun ini Pemkab Jember tetap akan menggelar upacara. 

Bedanya, jika di tahun sebelumnya digelar di Alun-Alun Jember, tahun ini akan digelar di dalam gedung atau indoor. Hal ini mengingat masih dalam situasi pandemi Covid-19.

Baca Juga : Pemkot Madiun Gelar Upacara Peringatan Kemerdekaan RI Terbatas

“Dengan segala keterbatasan, upacara dalam rangka memperingati Hari Pramuka, kami tetap akan menyelenggarakan upacara. Namun tahun ini pelaksanaannya digelar di gedung dan mengikuti protokol Covid-19,” ujar Wakil Bupati Jember, KH. A. Muqit Arief.

Wabup yang juga Ketua Kwartir Cabang Pramuka Kabupaten Jember menjelaskan, protokol itu di antaranya jarak barisan, penyediaan alat-alat cuci tangan, sarung tangan terbuat dari latex, masker, face shield, dan lainnya sesuai kebutuhan.

Upacara sendiri akan diikuti oleh peserta dengan jumlah terbatas. Selain pengurus Kwarcab Pramuka Jember, upacara juga mengundang unsur Forkopimda Kabupaten Jember. Termasuk Bupati Jember Faida sebagai Ketua Pembina Kwarcab Pramuka Kabupaten Jember.

Pada upacara itu akan ada 37 mantan pelatih dan pembina Pramuka di Kabupaten Jember yang mendapatkan tali asih. “Selain kegiatan upacara, dalam kegiatan nanti juga akan diberikan tali asih sebagai bukti terima kasih kami kepada senior,” terang wabup.

Baca Juga : Dewan Minta Pemkab Jeli Manfaatkan Potensi PAD Sikapi Penurunan Perubahan Anggaran 2020

Tidak hanya itu, dalam peringatan Hari Pramuka nanti, juga akan diisi dengan kegiatan pembagian seribu masker kepada masyarakat. Masker akan dibagikan kepada masyarakat sekitar kantor Pramuka, alun-alun, dan pasar. (*)