Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si (Foto ; Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)
Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati M.Si (Foto ; Moch. R. Abdul Fatah / Jatim TIMES)

Dalam sebuah unggahan status facebook, Wakil Bupati Lumajang Ir. Hj. Indah Amperawati memperkirakan akan terjadi peningkatan jumlah angka kelahiran sebagai dampak dari pandemi Corona. Walau hanya sebuah unggahan bercanda, namun Wabup Lumajang menyebut perkiraan itu karena efek dari Stay At Home.

“Diprediksi terjadi peningkatan drastis angka ibu melahirkan, efect dari stay at home,” demikian tulis Wabup Lumajang di akun pribadinya, Kamis (28/5) kemarin.

Baca Juga : Sulit Jualan, UMKM Makanan Siap Saji di Kota Madiun Dapat Fasilitas Lapak Bersama

Tak urung unggahan ini mendapatkan respon beragam dari netizen Lumajang. Lebih dari 100 komentar hadir di wall orang nomor dua di Lumajang itu.

Seorang netizen asal Pasirian Lumajang menyebut tidak masalah mumpung ada program persalinan gratis di Lumajang. “Lagian mumpung gratis ibu hamil melahirkan,” tulis Ikbal El Brantane Whasli, di kolom komentar.

Netizen lain hadir dengan komentar lucu, “Soale nyetrum terus”.

Johan Edy Abdillah, netizen lainnya justru menanggapi serius unggahan ini dengan menulis komentar yang menyarankan pemerintah Lumajang harus menambah anggaran untuk program persalinan gratis.

“Anggaran persalinan gratis harus ditambah. Ikut anggaran tanggap darurat,” tulisnya.

Seorang perempuan bernama Mama Cici menyebut masa pandemi ini sebagai masa-masa indah bersama suami.

Ini komentar lainnya:

“Tanpa Swab hasilnya langsung positiv”

“Efek stay at home dan efek cuaca hujan yang tinggi menjadi pemicu utama kehamilan”

“Wah pengalaman pribadi iki,” tulis yang lain.

Baca Juga : Kematian Covid-19 Lebih Tinggi dari Kesembuhan, Gubernur Ajak Pemkot Surabaya Bersinergi

Sementara Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati ketika dikonfirmasi terkait angka kehamilan, sampai saat ini belum ada pendataan khusus terkait hal ini. Namun dikolom komentar Bunda Indah panggilan akrabnya justru memperkirakan Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq yang diperkirakan akan tambah anak disaat pandemi ini.

Hal yang sama juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan dr. Bayu Wibowo Ignasius, untuk peningkatan angka kehamilan bisa jadi benar, namun pihaknya belum mendapatkan angka pastinya, karena soal angka harus melalui pendataan oleh petugas kesehatan.