Anggota Sabhara melakukan patroli dan pengamanan di salah satu toko eman di pasar Blambangan

Anggota Sabhara melakukan patroli dan pengamanan di salah satu toko eman di pasar Blambangan



Untuk mencegah terjadinya aksi kriminalitas dan kejahatan jalanan, aparat Kepolisian menempatkan personel di sejumlah tempat keramaian seperti pasar dan pusat perbelanjaan. Petugas yang ditempatkan sudah terlatih dan dilengkapi dengan senjata lengkap. Selain penempatan anggota bersenjata, secara rutin anggota Satuan Sabhara juga menggelar patroli.

Target pengamanannya adalah masyarakat yang melakukan aktivitas di pusat keramaian, pusat perbelanjaan dan juga warga yang melakukan transaksi perhiasan emas. Seperti diketahui, aktivitas warga di pasar dan toko emas semakin meningkat menjelang lebaran. "Kita lakukan pengamanan secara maksimal agar masyarakat bisa beraktivitas dengan aman dan lancar," kata Kasat Sabhara Polres Banyuwangi, AKP Basori Alwi, Senin (27/5/19) kepada banyuwangitimes.com.

Meningkatnya aktivitas masyarakat ini menjadi salah satu perhatian khusus aparat Polres Banyuwangi. Basori Alwi menyatakan, patroli digelar sepanjang pagi, siang dan malam. Selain itu ada juga Pos pengamanan yang berada di sekitar pasar. “Kami berusaha memberikan jaminan keamanan kepada warga dengan selalu siaga dan menggelar patroli pasar,” jelasnya.

Basori mengimbau agar masyarakat terhindar dari sasaran pelaku kriminal, hendaknya tidak menggunakan perhiasan secara mencolok. Warga juga diminta membawa uang secukupnya saja saat hendak berbelanja. "Dengan cara ini kita bersama bisa membantu mencegah terjadinya tindak kriminalitas khususnya kejahatan jalanan," tegasnya.

Pemilik usaha toko emas juga diminta waspada dari aksi pencurian dan perampokan. Setiap transaksi agar dipantau secara cermat agar kasus pencurian emas oleh calon pembeli tak terjadi. Pemilik toko dihimbau untuk memasang CCTV agar saat terjadi aksi tindak pidana mudah dalam melakukan penelusuran.

Candra, pemilik salah satu toko emas di Pasar Induk Blambangan mengatakan, dengan kehadiran petugas memberikan rasa aman bagi pemilik toko dan masyarakat yang berbelanja. Dengan adanya petugas berseragam dan bersenjata lengkap dirinya tidak lagi was-was dalam beraktivitas. "Aman, ada Polisi berjaga jadi lebih aman," katanya singkat.

Selain pasar, anggota Sabhara juga melakukan patroli secara berkala ke sejumlah objek vital seperti gardu induk PLN, Depo Pertamina, tempat ibadah dan sejumlah perbankan. Semua dilakukan agar masyarakat benar-benar merasa aman dan nyaman selama melaksanakan ibadah di bulan suci hingga nanti menyambut kemenangan di hari raya lebaran. 


End of content

No more pages to load