Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Tak Banyak yang Tahu, Rupanya Serigala Memiliki Gaya Hidup Seperti Manusia

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

16 - May - 2024, 11:26

Placeholder
Manusia dan Serigala. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Meskipun tergolong ke dalam jenis binatang buas, namun Serigala memiliki perbedaan yang sangat jauh dari hewan-hewan yang lain. 

Perbedaan tersebut terletak pada gaya hidup Serigala yang terbilang hampir mirip dengan manusia. Bahkan tak jarang kehidupan Serigala sering disebut oleh orang-orang bijak. 

Baca Juga : PKB Kabupaten Blitar Sepi Pendaftar: Akankah Arif Kurniawan Jadi Penyelamat?

Orang bijak selalu berkata hiduplah seperti Serigala. Tentu hal itu memiliki alasan dan tidak hanya sekedar ucapan. Penasaran dengan apa maksud kalimat tersebut? Dan alasan mengapa Serigala disebut memiliki gaya hidup layaknya manusia? Berikut penjelasannya. 

Melansir akun Tiktok @mellmellmlg, pertama Serigala tidak pernah memakan bangkai. Kedua Serigala tidak kawin sedarah. Artinya mereka tidak kawin dengan ibu atau saudara perempuannya seperti beberapa hewan lain. 

Yang paling luar biasa mereka hidup berpasangan seumur hidup. Serigala betina juga melakukan hal yang sama sehingga seekor Serigala jantan tahu anak-anak yang berasal dari satu ibu dan satu ayah.

Jika salah satu pasangan mati serigala yang tersisa akan bergabung selama minimal 3 bulan, bahkan bisa sampai setahun. Dalam masa berkabung ini terkadang ada yang bunuh diri dan biasanya Serigala yang ditinggal mati tidak akan bertahan lama. 

Serigala juga merupakan satu-satunya hewan yang menghormati orang tua. Di masa tuanya yang sudah tidak bisa berburu bersama kelompok, saat itu para orang tua akan tinggal di sarang dan anak-anak mereka akan berburu untuk memberi makan orang tua mereka layaknya manusia. 

Fakta lain dari Serigala adalah kecerdasannya dalam berburu berbeda dengan hewan yang lain. 

Baca Juga : Menelusuri Jejak Wisata di Yogyakarta: Pesona yang Memikat Dunia Sejak 1890

Menurut penelitian di alam liar, setidaknya ada tiga dasar dalam berburu yang dimiliki oleh serigala. Ketiga dasar tersebut adalah kecerdasan, stamina, dan kemampuan mengaplikasikan strategi berburu di alam liar.

Dalam dunia fauna, serigala merupakan salah satu kawanan hewan yang memiliki strategi berburu terbaik. Strategi berburu serigala mencakup beberapa aspek yang mereka lakukan terhadap mangsanya, yakni mengawasi, mengintimidasi, membuat mangsa kelelahan, dan akhirnya membunuh mangsanya.

Semua hal tersebut butuh kecerdasan ekstra dalam  dunia hewan, ditambah dengan stamina dan juga kemampuan sosial mereka dalam mengaplikasikan taktik berburu di lapangan. 

Nah itulah alasan mengapa Serigala disebut memiliki gaya hidup yang mirip dengan manusia. 


Topik

Serba Serbi Serigala kehidupan serigala serigala manusia



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya