Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Agama

Masalah Jerawat pun Ada Doanya, Amalkan Jika Jerawat Ingin Sembuh

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 12:18

Placeholder
Ilustrasi (pixabay)

JATIMTIMES - Jerawat merupakan salah satu masalah pada wajah yang umum alami setiap orang. Jerawat atau disebut Acne Vulgaris ini adalah masalah kulit yang terjadi ketika pori-pori kulit, tepatnya folikel rambut, tersumbat oleh kotoran, debu, minyak, atau sel kulit mati. 

Hal tersebut kemudian berakibat dengan terjadinya peradangan pada pori-pori tersebut dan bisa juga disertai infeksi yang cukup parah. Dalam pemulihan pun terkadang membutuhkan waktu yang lama dan bahkan ada juga yang tak kunjung sembuh. 

Baca Juga : Kecelakaan Bus Pariwisata Subang Masih Jadi Sorotan, Ini 3 Doa Bepergian agar Selamat 

Jangan salah, meskipun terlihat sepele, namun ada doa khusus yang dapat diamalkan agar Allah SWT memberikan kesembuhan bagi mereka, meskipun hanya terkait jerawat.
Sebagai maha dari segalanya, Allah SWT tak membedakan kecil atau besar suatu masalah. 
Semua doa yang dipanjatkan oleh umat, akan Allah SWT ijabah sesuai dengan kehendak-Nya dan perjuangan dari umat itu sendiri. 

Hadits riwayat Bukhari menjelaskan, "Allah Ta'ala berfirman: "Wahai hamba-Ku, Aku menyertai prasangkamu, dan Aku pun menyertaimu ketika kamu berdoa kepada-Ku".

Doa menyembuhkan jerawat, dari sebuah buku berjudul Penyembuhan Dengan Doa dan Zikir Rasulullah karya Muhammad Abdul Ghoffar, ada dua versi. 

Doa yang pertama dalam bacaan latin yakni, "Allahumma mushaggiral kabiiri wa mukabbirash shagiiri shaggir maa bii". Doa ini memiliki arti "Ya Allah yang mengecilkan yang besar dan yang membesarkan yang kecil, kecilkanlah apa yang menimpaku ini", Hal ini sesuai dengan hadits riwayat Nasa'i, Ahmad, Hakim dan Hadits Shahih.

Kemudian doa menyembuhkan jerawat yang kedua, dalam latin berbunyi, "Allahumma muthfi'a al-kabiiri wa mukabbira ash-shagiiri athfi'haa 'annii". 

Baca Juga : Lagi Banyak Dipakai, Ini Ternyata Manfaat Acne Patch dan Cara Memilihnya

Hadits riwayat Hakim dna Hadist Shahih, foa terbaik memiliki arti, "Ya Allah, yang dapat mengecilkan yang besar dan membesarkan yang kecil, dan kempeskanlah jerawatku".

Waktu yang tepat untuk membaca doa tersebut adalah, ketika seseorang itu tengah mengobati jerawatnya. Doa yang dipanjatkan ini menjadi upaya spiritual setelah upaya secara fisik dilakukan. Dalam kitab Ihya,  Rasulullah bersabda.

"Memohonlah kepada Allah Ta'ala dari karunia-Nya, karena Allah Ta'ala senang untuk dimintai. Adapun ibadah yang utama adalah menunggu kelapangan".


Topik

Agama Jerawat doa atasi jerawat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

A Yahya