Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Lagi Banyak Dipakai, Ini Ternyata Manfaat Acne Patch dan Cara Memilihnya

Penulis : Mutmainah J - Editor : A Yahya

14 - May - 2024, 08:14

Placeholder
Ilustrasi pemakaian Acne Patch. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Penggunaan acne patch semakin populer. Acne patch merupakan salah satu produk perawatan kulit yang dipercaya dapat membantu menghilangkan jerawat dengan cepat.

Selain itu, penggunaan acne patch diketahui cukup praktis dalam penggunaannya.

Baca Juga : Dispendik Kabupaten Malang Respons Gerakan Stop Study Tour: Kita Evaluasi

Tidak sedikit orang yang menggunakan acne patch alias pimple patch untuk mengatasi jerawat mereka.

Kini pun penggunaan acne Patch semakin populer di kalangan masyarakat. Tak sedikit dari mereka menggunakan acne pacth hampir di setiap harinya. 

Lantas seberapa efektifkah penggunaan acne Patch pada jerawat. Dan bagaimana sih memilih acne patch yang tepat? 

Seberapa Efektif Acne Patch untuk Meredakan Jerawat?

Melansir laman halodoc, reaksi antara individu satu dengan individu yang lain tidaklah sama. Namun, acne patch terbaik dalam meredakan jerawat dengan cepat. Tempelan kecil ini bisa mempercepat penyembuhan jerawat, bahkan dalam beberapa kasus, mencegah jerawat agar tidak muncul sama sekali. 

Hal itu karena acne patch membantu kulit menyerap bahan-bahan anti jerawat dan lesi akan merata, sehingga bisa sembuh dalam waktu yang lebih singkat.

Acne patch tidak selalu menyembuhkan jerawat dalam semalam, tetapi bila pemakaiannya benar, tempelan ini akan bekerja dengan baik untuk meredakan jerawat. Selain itu, acne patch harus kamu gunakan minimal selama enam jam agar manfaatnya terasa dengan baik. 

Setelah itu, ketika kamu melepasnya, kamu akan melihat bahwa penampilan jerawat sudah berkurang. Mungkin tidak terlihat terlalu merah atau iritasi lagi.

Manfaat Acne Patch

Acne Patch memiliki beberapa manfaat untuk bisa mengatasi jerawat pada kulit. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat Acne Patch:

1. Menyerap Kotoran dan Minyak

Acne patch biasanya terbuat dari bahan-bahan yang dapat menyerap kotoran, minyak, dan sebum yang diproduksi oleh kulit. Jerawat seringkali menjadi tempat berkembang biaknya bakteri akibat penumpukan minyak dan kotoran.

Dengan menempelkan acne patch pada jerawat, bahan-bahan pada plester dapat menyerap substansi-substansi tersebut, menjaga area jerawat tetap bersih dan mencegah penyebaran bakteri.

2. Melindungi Jerawat dari Infeksi

Jerawat rentan terhadap infeksi bakteri, terutama jika kulit terus-menerus terpapar dengan kotoran atau terganggu oleh sentuhan tangan. Dengan menempelkan acne patch pada jerawat, menciptakan lapisan pelindung yang membantu menjaga area jerawat tetap steril dan bebas dari kontaminasi bakteri.

Hal ini membantu mencegah jerawat dari infeksi tambahan dan mempercepat proses penyembuhan. 

3. Mengurangi Peradangan dan Pembengkakan

Beberapa acne patch mengandung bahan-bahan anti-inflamasi, seperti asam salisilat atau ekstrak tea tree oil, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan pembengkakan di sekitar jerawat. Peradangan dan pembengkakan merupakan reaksi alami tubuh terhadap infeksi bakteri pada jerawat.

Dengan mengurangi peradangan, acne patch dapat membantu mengurangi rasa sakit, gatal, dan ketidaknyamanan yang seringkali terkait dengan jerawat yang meradang.

4. Mengurangi Kebiasaan Memencet Jerawat

Salah satu manfaat utama dari acne patch adalah membantu mengurangi kebiasaan memencet jerawat. Memencet jerawat dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut, penyebaran bakteri, dan bahkan meninggalkan bekas luka atau noda.

Dengan menempelkan plester pada jerawat, memberikan penghalang fisik yang mencegahmu untuk menyentuh atau memencet jerawat. Ini tidak hanya membantu mencegah risiko infeksi, tetapi juga membantu mencegah terbentuknya bekas jerawat.

5. Membantu Proses Penyembuhan

Baca Juga : Ingin Jadi Konten Kreator? 5 Aplikasi Editing Video Ini Gratis dan Praktis

Acne patch dapat membantu menciptakan kondisi yang optimal untuk proses penyembuhan jerawat. Dengan memberikan lingkungan yang bersih, terlindungi, dan bebas dari iritasi, plester jerawat dapat mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko terbentuknya bekas jerawat.

Beberapa acne patch juga mengandung bahan-bahan seperti vitamin atau ekstrak alami yang diklaim dapat membantu meningkatkan regenerasi sel-sel kulit dan mengurangi bekas luka.

Cara Memilih Acne Patch Berdasarkan Jenisnya

Acne patch dapat dibeli tanpa resep dokter dan bisa ditemukan dengan mudah di apotek atau supermarket. Namun, sebelum membelinya, pastikan kamu memilih jenis acne patch yang sesuai dengan kondisi jerawatmu.

Untuk memilih acne patch yang tepat, kamu perlu mengetahui dahulu jenis-jenis acne patch yang tersedia di pasaran, karena setiap jenisnya memiliki cara kerja yang berbeda untuk mengatasi jerawat.

Berikut ini adalah jenis acne patch dan cara kerjanya dalam mengatasi jerawat:

Acne patch tanpa obat

Jenis stiker jerawat ini mengandung hidrokoloid. Cara kerjanya adalah dengan menarik atau menyedot cairan yang ada di dalam jerawat, sehingga cairan tersebut bisa terangkat tanpa perlu memencet jerawat, dan jerawat pun bisa lebih cepat kering.

Acne patch tanpa kandungan obat cocok digunakan untuk mengatasi komedo putih atau whiteheads.

Acne patch dengan obat

Selain mengandung hidrokoloid, jenis acne patch ini mengandung obat yang bisa membasmi bakteri penyebab jerawat, seperti asam salisilat, benzoil peroksida, atau tea tree oil. Bahan-bahan obat ini sudah terkandung di dalam patch.

Cara Menggunakan Acne Patch

Agar acne patch efektif dalam mengatasi jerawat, ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan saat menggunakannya, yaitu:

- Cuci wajah dengan sabun pembersih sesuai dengan jenis kulitmu, lalu keringkan dengan tisu.

Pilih acne patch yang ukurannya sesuai dengan jerawat.

- Tempelkan acne patch di atas jerawat secara perlahan.

- Pastikan permukaan acne patch sudah menutupi jerawat sepenuhnya dan menempel dengan sempurna.

- Lanjutkan pemakaian produk perawatan kulit lainnya, seperti toner, pelembap, essence, atau serum.

- Tunggu semalaman atau paling tidak selama 6 jam, setelah itu lepaskan acne patch secara perlahan.

- Cuci wajah seperti biasa dan keringkan. Bila jerawat masih belum kempis atau belum hilang, tempelkan acne patch yang baru.


Topik

Serba Serbi Acne patch atasi jerawat obat jerawat



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

A Yahya