Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Raffi Ahmad Pamer Video Nagita Tidur Mendengkur, Ini Penyebab dan Solusi Agar Tidur Tidak Ngorok Lagi

Penulis : Mutmainah J - Editor : Dede Nana

12 - May - 2024, 10:50

Placeholder
Momen Nagita Slavina tidur mendengkur dan direkam oleh Raffi Ahmad. (Foto screenshot)

JATIMTIMES - Raffi Ahmad mengunggah video istrinya, Nagita Slavina yang tengah tertidur lelap. Video berdurasi singkat yang direkam sendiri oleh Raffi Ahmad itu menunjukkan wajah Nagita Slavina yang tidur sambil mendengkur.

Tak hanya merekam, Raffi yang saat itu tengah berbaring di dekat Nagita juga melakukan beberapa gerakan usil terhadap Nagita. Nampak Raffi yang mencolok hidung Nagita Slavina yang membuat Nagita terbangun dari tidurnya. Saat terbangun Nagita nampak kebingungan dengan tingkah laku suaminya itu. 

Baca Juga : Kisah Sunan Giri: Dakwah Melalui Pendidikan, Permainan Anak, dan Karya Seni yang Abadi

Video Raffi yang merekam Nagita tidur ngorok itu pun viral dan bahkan menjadi perbincangan netizen setelah video tersebut dibagikan ulang oleh akun X @mbakrystall.

Tak sedikit dari netizen yang memuji wajah Nagita yang sedang tertidur pulas itu. Bahkan, netizen juga salah fokus (salfok) dengan Nagita yang tidur mendengkur namun mulutnya tetap tertutup. 

"KOK BISA NGOROK TAPI GAK MANGAPP???? Mana cakep bener lagi," Komen @mix****.

"Dia tdr aja kaya lg senyum ya cantik bgt," Puji @shet****.

"beliau tidur aja cakep anjir tapi walau ngorok bgt. mana ngoroknya itu kaya yg cape bgt. biasanya kalo kecapean emg ngorok gasihh?," Ujar @ese****.

Penyebab Mendengkur

Melansir laman Alodokter, mendengkur disebabkan oleh terhalang atau menyempitnya saluran pernapasan. Penyempitan ini menyebabkan getaran pada saluran pernapasan ketika tidur sehingga menimbulkan suara dengkuran. Makin terhalang saluran pernapasan, makin keras pula suara dengkuran.

Terhalangnya saluran pernapasan dapat terjadi akibat melemahnya otot tenggorokan, umumnya akibat penuaan. Kondisi ini juga dapat disebabkan oleh:

• Sleep apnea

• Hidung atau saluran napas tersumbat, karena pilek (rhinitis) atau sinusitis

• Tulang hidung bengkok

• Pembengkakan amandel atau kelenjar adenoid

• Penyakit gondok

• Kelainan bentuk wajah

• Obesitas

Beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur, yaitu:

- Proses penuaan

- Konsumsi minuman beralkohol

- Konsumsi obat yang dapat menyebabkan kantuk

- Sedang hamil, karena hormon kehamilan dapat menyebabkan peradangan hidung

- Kelemahan otot mulut, hidung, atau tenggorokan. 

Cara Mengatasi Mendengkur

Melansir laman Halodoc, berikut beberapa cara mengatasi tidur mendengkur:

1. Ubah Posisi Tidur

Seperti yang sudah diungkapkan di atas, tidur dengan posisi telentang akan membuat pangkal lidah dan langit-langit lunak pada bagian mulut, turun ke dinding belakang, sehingga menyebabkan suara dengkuran. Jadi, kamu yang punya kebiasaan mendengkur disarankan untuk tidur dengan posisi menyamping, sehingga ngorok bisa dihindari.

2. Menurunkan Berat Badan

Baca Juga : Dukung Industri Kreatif, Pj Wali Kota Kediri Nikmati BrantasTic Bersama Masyarakat

Agar kebiasaan mendengkur bisa berhenti, kamu juga disarankan untuk menurunkan berat badan ke batas normal. Batasi porsi makan, perbanyak mengonsumsi makanan sehat, dan olahraga adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat berat badan menjadi ideal kembali.

3. Hentikan Kebiasaan Mengonsumsi Alkohol dan Merokok

Mengonsumsi alkohol 4-5 jam sebelum tidur akan membuat bunyi dengkuran semakin keras. Karena itu, sebaiknya hindari mengonsumsi alkohol apalagi secara berlebihan sebelum tidur. Selain mengonsumsi alkohol, kebiasaan merokok juga bisa menyebabkan seseorang mendengkur. Hal ini karena racun yang terdapat dalam asap rokok membuat dinding saluran napas menjadi iritasi, lalu membengkak dan menyumbat aliran udara. Jadi, sebaiknya hentikanlah kebiasaan tidak baik ini.

Bila dengkur ternyata disebabkan oleh penyakit apnea tidur obstruksi, dokter mungkin akan menyarankan pengobatan dengan menggunakan mesin CPAP atau continuous positive airway pressure. Caranya, pengidap akan dipasangkan sebuah masker bertekanan yang terhubung dengan pompa udara kecil di hidung ketika ia tidur. Alat ini akan menjaga saluran pernapasan tetap terbuka.

4. Rutin Berolahraga

Rutin berolahraga dapat meningkatkan kualitas tidur dan menjaga berat badan ideal. Di mana hal tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang mendengkur selama tidur.

Tak hanya itu, gerakan-gerakan pada olahraga juga bisa membantu membentuk otot di tubuh termasuk tenggorokan. Dengan begitu, aliran udara bisa berjalan lebih lancar dan dengkuran saat tidur pun akan berkurang. Jadi, secara tidak langsung rutin berolahraga merupakan salah satu cara menghilangkan ngorok yang patut untuk dicoba.

5. Mandi Air Hangat

Cara menghilangkan ngorok saat tidur juga bisa dilakukan dengan mandi menggunakan air hangat. Mandi air hangat dapat membantu membuka saluran pernapasan sehingga kebiasaan ngorok akan berkurang. Menghirup uap hangat selama beberapa menit sebelum tidur juga dapat mengurangi kemungkinan mendengkur saat tidur.


Topik

Serba Serbi raffi ahmad nagita slavina nagita mendengkur penyebab ngorok cara atasi mendengkur



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Dede Nana