Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Ranu Regulo: Destinasi Wisata Berkemah dengan Nuansa Eropa di Lumajang

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

11 - May - 2024, 07:46

Placeholder
Berwisata ke Ranu Regulo serasa berwisata ke Eropa.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Di tengah hiruk pikuk kehidupan sehari-hari, ada sebuah tempat yang menjadi oase ketenangan di tengah alam Jawa Timur yang subur. Ranu Regulo, sebuah persembahan alam di Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang ternyata memiliki daya tarik yang begitu memikat. 

Sebagai sebuah destinasi wisata yang belum begitu dikenal secara luas seperti Ranu Kumbolo, Ranu Regulo muncul sebagai alternatif yang menarik bagi para pencinta alam yang haus akan keindahan alam yang masih alami.

Baca Juga : Gempa Guncang Lumajang Sebanyak Dua Kali, Terasa hingga Malang

Ranu Regulo tidak sekadar sebuah danau biasa. Di dalamnya terhampar panorama yang mirip dengan suasana Eropa, lengkap dengan hutan hijau yang melingkupi danau tersebut. Begitu masuk ke kawasan Ranu Regulo, wisatawan akan disambut dengan kicauan riang burung-burung hutan, melihat taman anggrek yang berwarna-warni, dan tentu saja, pemandangan yang menenangkan mata di tepi danau yang masih jernih, terutama saat pagi hari ketika kabut menyelimuti permukaan air.

Tidak hanya sekadar tempat piknik, Ranu Regulo juga menjadi pilihan bagi para petualang yang ingin berkemah di alam terbuka. Dengan topografi yang datar, Ranu Regulo menyediakan area yang nyaman untuk mendirikan tenda dan mengadakan kegiatan berkemah. 

Suasana tenang dan damai membuat tempat ini menjadi destinasi favorit bagi kalangan keluarga, mahasiswa pecinta alam, hingga para pekerja kantoran yang ingin melarikan diri sejenak dari kesibukan perkotaan.

Bagi para wisatawan yang ingin menyambangi Ranu Regulo, akses tidaklah sulit. Dari Malang atau Lumajang, wisatawan bisa menggunakan kendaraan umum hingga ke titik-titik tertentu seperti Rest Area Tumpang atau Rest Area Gubugklakah, kemudian melanjutkan perjalanan dengan jip menuju Ranupani. Untuk wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi, perjalanan bisa langsung menuju Ranupani dan dilanjutkan dengan berjalan kaki menikmati pesona Ranu Regulo.

Di Desa Ranupani, terdapat dua permata alam yang tak dapat dipungkiri keindahannya. Selain Ranu Regulo yang sudah menjadi magnet bagi para pengunjung, ada lagi satu destinasi yang tak kalah menakjubkan, yakni Danau Ranupani. 

Memang, kedua danau ini terletak berdekatan, saling menghidupi satu sama lain dengan pesona alam yang memikat.Sehingga, bagi setiap wisatawan yang berkesempatan menyambangi Ranu Regulo, takkan terlewatkan keindahan yang ditawarkan oleh Danau Ranupani. 

Begitu melangkah masuk ke kawasan wisata Ranu Regulo, mata tak akan berhenti terpana oleh gemerlap air dan hijaunya pepohonan yang memayungi Danau Ranupani. Keindahan alam yang begitu autentik itu, seakan memperkaya pengalaman wisata setiap pengunjung yang menyambangi Ranu Regulo.

Dua danau berdekatan ini menjadi simbol kekayaan alam yang dimiliki oleh Desa Ranupani, dan sekaligus menjadi magnet bagi para wisatawan yang ingin menikmati pesona alam yang belum terjamah oleh keserakahan manusia. Danau Ranupani, dengan segala keanggunan dan keelokannya, menyatu dalam keindahan alam yang begitu mempesona di kawasan Ranu Regulo.

Baca Juga : 320 Pemancing Mania Ikuti Fishing Festival di Kawasan Pantai Bimorejo Banyuwangi

Namun, sebagai bentuk penghargaan atas keindahan alam yang disuguhkan, pengelola Ranu Regulo menerapkan tarif masuk yang cukup terjangkau bagi para pengunjung. Dengan biaya mulai dari Rp 19.000 per orang, wisatawan bisa menikmati segala keindahan dan kesejukan yang ditawarkan oleh Ranu Regulo.

Tidak hanya sebagai tempat wisata biasa, Ranu Regulo juga menjadi tempat bagi para pencari kedamaian atau yang sering disebut sebagai tempat 'healing'. Dikelilingi oleh alam yang masih murni dan segar, tempat ini menjadi tempat yang cocok bagi siapa saja yang ingin menyegarkan pikiran dan jiwa dari kepenatan kehidupan sehari-hari.

Sejauh ini, Ranu Regulo masih terus berkembang sebagai destinasi wisata yang menarik. Dengan pesona alamnya yang memesona dan suasana yang tenang, tempat ini tidak hanya menjadi tempat berkumpul bagi keluarga dan komunitas, tetapi juga menjadi saksi bisu bagi setiap orang yang mencari kedamaian di tengah gemuruh dunia yang semakin riuh ini. Ranu Regulo, sebuah potret indah alam Jawa Timur yang patut dijaga dan dijelajahi lebih dalam oleh kita semua.

Tips Berwisata ke Ranu Regulo:

1.    Persiapkan Dirimu dengan Baik: Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Bawa perlengkapan camping yang cukup seperti tenda, sleeping bag, pakaian hangat, dan perlengkapan makanan serta minuman yang cukup untuk keperluan selama di Ranu Regulo.
2.    Perhatikan Cuaca dan Musim: Sebagai daerah pegunungan, cuaca di sekitar Ranu Regulo bisa berubah-ubah dengan cepat. Pastikan untuk memeriksa prakiraan cuaca sebelum berangkat dan sesuaikan persiapanmu dengan kondisi cuaca yang mungkin kamu temui di sana.
3.    Patuhi Aturan dan Etika Lokal: Saat berada di Ranu Regulo, patuhi aturan dan etika lokal. Jaga kebersihan dan kelestarian alam, serta hargai budaya dan tradisi masyarakat setempat.
4.    Bawa Perlengkapan yang Dibutuhkan: Selain perlengkapan camping, pastikan kamu juga membawa perlengkapan lain yang dibutuhkan seperti pakaian hangat, obat-obatan pribadi, peralatan makan, dan perlengkapan lainnya sesuai kebutuhan.
5.    Hormati Alam: Saat menikmati keindahan alam di Ranu Regulo, jangan lupa untuk menjaga kelestarian alam. Jangan meninggalkan sampah sembarangan dan hindari merusak lingkungan sekitar.
6.    Nikmati Keindahan Alam Secara Bertanggung Jawab: Rasakan keindahan alam Ranu Regulo dengan penuh kesadaran dan tanggung jawab. Ambil foto sebanyak yang kamu inginkan, tetapi pastikan untuk tidak merusak atau mengganggu lingkungan sekitar.
7.    Jaga Kebersihan dan Kesehatan: Selama berada di Ranu Regulo, jaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar. Hindari membuang sampah sembarangan dan pastikan untuk membawa pulang semua sampah yang dihasilkan selama berwisata.
8.    Bersiap untuk Berkemah: Jika kamu berencana untuk berkemah di Ranu Regulo, pastikan untuk membawa perlengkapan camping yang cukup dan mempersiapkan diri dengan baik untuk menghadapi kondisi alam yang mungkin beragam.
9.    Nikmati Setiap Momen: Saat berada di Ranu Regulo, nikmati setiap momen dan keindahan alam yang ditawarkan. Jadikan pengalaman berwisatamu sebagai kenangan yang tak terlupakan dan pelajaran berharga untuk lebih menghargai alam dan lingkungan sekitar.
10.    Berpikir Sebelum Bertindak: Sebelum melakukan aktivitas apapun di Ranu Regulo, pertimbangkan dampaknya terhadap lingkungan sekitar. Selalu berpikir sebelum bertindak dan pilihlah aktivitas yang ramah lingkungan serta tidak merusak keindahan alam Ranu Regulo.


Topik

Wisata ranu regulo wisata lumajang ranu kumbolo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana