Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Tahun Politik, Stabilitas Keamanan Disorot dalam Evaluasi Kinerja Pemkot Batu Triwulan I 2024

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Yunan Helmy

08 - May - 2024, 18:26

Placeholder
Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan evaluasi kinerja triwulan I 2024 di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta (8/5/2024).(Foto: Istimewa)

JATIMTIMES - Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan evaluasi kinerja pada triwulan I tahun 2024 di Kantor Inspektorat Jenderal Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia di Jakarta (8/5/2024). Pada tahun politik ini, stabilitas keamanan disorot sebagai poin penting.

"Tahun politik menjadikan salah satu fokus utama kinerja penjabat (Pj) wali kota Batu adalah menjaga stabilitas keamanan sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan baik. Juga bersinergi bersama forkopimda dan organisasi keagamaan terus dilakukan sehingga situasi menjelang pilkada berjalan kondusif," ungkap Aries.

Baca Juga : Penuhi Standar Kompetensi, 32 Pejabat Eselon IV Kota Malang Ikuti Pelatihan Manajerial

Dikatakan,  pihaknya beserta jajaran forkopimda dan organisasi keagamaan akan terus bersinergi agar tahun politik menjelang Pilkada 2024 di Kota Batu tetap kondusif.

Dalam evaluasinya, Aries menjelaskan langkah-langkahnya dalam menuntaskan berbagai program prioritas, yaitu penanganan inflasi, penurunan stunting, pelayanan publik, penurunan angka pengangguran, kemiskinan ekstrem, kesehatan dan kinerja keuangan daerah. Evaluasi disampaikan kepada tim evaluator yang dipimpin oleh A. Husin Tambunan, sekretaris inspektorat jenderal Kemendagri RI. 

Aries menerangkan, untuk penanganan inflasi secara menyeluruh, harga kebutuhan pokok di Kota Batu sudah stabil meski inflasi tetap harus dijaga dengan memberikan berbagai bantuan sosial baik kepada disabilitas, lansia, veteran dan keluarga pra sejahtera.

"Hal ini tidak mudah karena daerah kami adalah daerah wisata. Memberikan subsidi harga sembako pada operasi pasar murah menjadi salah satu kunci sehingga masyarakat dapat membeli kebutuhan pokok. Selain itu, koordinasi dan komunikasi antara daerah dan pusat sangat baik melalui rakor TPID setiap minggunya," ungkapnya.

Sementara pencegahan stunting dilakukan di Kota Batu mulai saat anak dalam kandungan dengan pendampingan dan pemberian makanan sehat, sampai saat tumbuh kembang anak melalui posyandu. Dengan dibantu kader kesehatan, jika ada anak terindikasi stunting, segera dilaporkan dan mendapatkan perhatian khusus hingga pertumbuhannya normal kembali.

"Pemkot melibatkan ahli psikologi untuk mengetahui keluarga dan kondisi balita stunting," ucapnya.

Nilai Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kota Batu disampaikan mencapai 85,51%. Menurut Aries, hal yang memengaruhi yakni berbagai terobosan seperti sistem pelayanan terintegrasi, reformasi perizinan peraturan berusaha, perubahan paradigma birokrasi dan juga pengawasan penyelesaian perizinan.

Baca Juga : Anggota DPRD Jatim Gunawan Daftar Bacabup ke DPC PDIP Diiringi Hujan Deras

"Terkait penurunan pengangguran Kota Batu merupakan daerah dengan penurunan angka pengangguran yang sangat signifikan, dari 8,43% di tahun 2022 menjadi 4,52% di tahun 2023," ucapnya. 

Lalu tahun 2024 Pemerintah Kota Batu melaksanakan program padat karya, job fair, membangun kawasan UMKM di Kecamatan Junrejo dan pelayanan antarkerja.

Investasi dan perizinan juga menjadi perhatian. Menurut Aries, Kota Batu berhasil mencatatkan investasi di triwulan I tahun ini lebih tinggi 28% dibandingkan triwulan I tahun 2023. Investasi dan perizinan di Kota Batu mengalami peningkatan dengan program unggulan antara lain regulasi kemudahan perizinan berusaha, pembentukan tim percepatan investasi dan pelaksanaan berusaha.

"Upaya lain dengan optimalisasi mal pelayanan publik, ekspo inovasi, kemudahan investasi dan digitalisasi pelayanan perizinan dan investasi," imbuhnya.


Topik

Pemerintahan Pj Wali Kota Batu Aries Agung Paewai Pemkot Batu tahun politik



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Yunan Helmy