Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Keindahan Telaga Ngebel Ponorogo: Surga Tersembunyi di Lereng Barat Gunung Wilis

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

06 - May - 2024, 09:39

Placeholder
Telaga Ngebel di Kabupaten Ponorogo.(Foto: Instagram)

JATIMTIMES - Di antara gemerlap kota Ponorogo terdapat sebuah tempat peristirahatan yang menakjubkan. Mengundang jiwa untuk berdiam sejenak dalam keheningan alam. Telaga Ngebel sebuah surga tersembunyi di lereng barat Gunung Wilis menjadi magnet bagi para pencinta alam yang haus akan keindahan alam dan ketenangan.

Dengan luas sekitar 150 hektare dan ketinggian 734 mdpl, Telaga Ngebel menawarkan pesona alam yang sejuk dan cenderung dingin. Memandang jauh dari permukaan telaga, hamparan hutan pinus memeluk erat sisi-sisi telaga, memberikan nuansa alami yang menenangkan. Tak heran jika Telaga Ngebel sering dijadikan sebagai destinasi liburan bagi warga sekitar maupun wisatawan lokal.

Baca Juga : Malam Penuh Sejarah: Desa Jimbe Berpesta Kenang Perjalanan Hayam Wuruk ke Blitar

Bagi para pengunjung, Telaga Ngebel memberikan berbagai pilihan aktivitas. Dari sekadar duduk bersantai menikmati sejuknya udara pegunungan hingga menjelajahi telaga dengan perahu atau speed boat, semua dapat dinikmati di sini. 

Biaya masuk yang terjangkau, hanya Rp 15.000 per orang membuat pengalaman ini semakin berharga. Namun, bagi yang ingin merasakan sensasi lebih dari sekadar menatap keindahan alam dari tepi telaga, speed boat menjadi opsi yang menarik. Dengan biaya sekitar Rp 75.000 untuk satu kali putaran, pengunjung dapat menjelajahi telaga dengan cepat dan menyaksikan pesona alam Telaga Ngebel dari sudut yang berbeda.

Akses menuju Telaga Ngebel pun cukup mudah. Berjarak sekitar 22,2 km dari pusat Kota Ponorogo atau sekitar 48 menit perjalanan dengan menggunakan kendaraan, Telaga Ngebel dapat dijangkau melalui Jalan Niken Gandini, Jalan Raya Jenangan, Jalan Ngebel-Ponorogo, dan Jalan Ngebel. Lokasinya yang strategis membuatnya menjadi pilihan favorit bagi mereka yang ingin melarikan diri sejenak dari hiruk-pikuk kota.

Bagi Anda yang sedang mencari tempat peristirahatan dengan pemandangan alam yang memukau, Telaga Ngebel adalah pilihan yang sempurna. Jangan lewatkan kesempatan untuk menyusuri keindahan alam yang memikat di lereng barat Gunung Wilis ini. Segera rencanakan perjalanan Anda dan nikmati pesona Telaga Ngebel yang takkan terlupakan.

Legenda Telaga Ngebel

Di balik keindahan alam yang memukau, Telaga Ngebel menyimpan sebuah misteri yang menggugah imajinasi. Sebuah legenda yang telah dikenal turun temurun oleh masyarakat sekitar. 

Legenda itu adalah kisah tentang ular naga bernama Baru Klinting yang dipercaya menjadi asal usul terbentuknya telaga ini. Diceritakan bahwa Baru Klinting adalah jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin. Ketika sang patih bersemedi di kawasan ini, ia berubah menjadi seekor ular raksasa. Namun, takdir berkata lain ketika seorang warga desa tanpa sengaja membawa ular tersebut ke desa.

Saat hendak dimasak sebagai santapan karena ukurannya yang besar, ular itu mengubah dirinya menjadi seorang anak kecil sebelum ia dibunuh. Sebelum ajal menjemputnya, sang anak kecil menancapkan sebatang lidi di tanah. Meskipun warga desa berusaha mencabutnya, lidi itu tetap tak tergoyahkan kecuali oleh sang bocah ajaib.

Ketika lidi itu akhirnya tercabut, dari lubang bekasnya mengalir air yang segar dan jernih. Air itu terus mengalir hingga membentuk sebuah mata air yang kemudian menjadi telaga yang diberi nama Telaga Ngebel oleh penduduk sekitar.

Legenda tentang Baru Klinting dan terbentuknya Telaga Ngebel menjadi bagian dari warisan budaya masyarakat setempat. Kisah ini turut memperkaya pengalaman wisata bagi pengunjung yang tertarik untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang asal-usul tempat yang mereka kunjungi.

Dengan demikian, Telaga Ngebel tidak hanya menawarkan keindahan alam yang menakjubkan, tetapi juga menyimpan cerita mistis yang memikat hati para pengunjung. Sebuah perpaduan antara pesona alam dan misteri yang menarik untuk diungkap.

Tips Berwisata ke Telaga Ngebel

Sebelum berangkat ke Telaga Ngebel, pastikan Anda merencanakan perjalanan dengan baik. Tentukan waktu dan tanggal perjalanan yang sesuai, periksa cuaca, dan pastikan Anda membawa perlengkapan yang cukup. Berikut tips lengkap saat berwisata ke Telaga Ngebel:

Pakaian dan Perlengkapan yang Tepat

Telaga Ngebel terletak di kawasan pegunungan dengan suhu yang cenderung dingin. Pastikan Anda membawa pakaian hangat dan perlengkapan lain seperti jaket, sepatu yang nyaman untuk berjalan, serta kacamata hitam dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.

Biaya Masuk dan Transportasi

Baca Juga : Berasal dari Sumber hingga Aman Diminum, Kolam Renang Metro Juga Jadi Jujukan Terapi bagi Lansia

Siapkan uang tunai untuk membayar biaya masuk ke Telaga Ngebel. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya transportasi, baik itu menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum, serta biaya tambahan jika ingin menikmati perjalanan menggunakan speed boat.

Penjagaan Lingkungan

Selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan kelestarian alam saat berkunjung. Jangan meninggalkan sampah sembarangan, ikuti aturan yang berlaku, dan hindari merusak flora dan fauna di sekitar Telaga Ngebel.

Menjelajahi Telaga

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjelajahi keindahan Telaga Ngebel. Anda bisa memilih berbagai aktivitas seperti berjalan-jalan di sekitar tepi telaga, menyusuri hutan pinus, atau menikmati pemandangan dari atas perahu atau speed boat.

Mendengarkan Legenda Lokal

Telaga Ngebel terkenal dengan legenda tentang ular naga Baru Klinting yang menjadi asal usulnya. Manfaatkan kesempatan untuk mendengarkan cerita dari penduduk lokal atau pemandu wisata yang mungkin akan memperkaya pengalaman Anda di tempat ini.

Menyusun Jadwal Fleksibel

Biarkan diri Anda memiliki jadwal yang fleksibel sehingga Anda dapat menikmati setiap momen tanpa terburu-buru. Jangan lupa untuk memberi diri waktu yang cukup untuk menikmati keindahan alam dan merasakan ketenangan di sekitar Telaga Ngebel.

Mengabadikan Momen

Jangan lupa untuk membawa kamera atau smartphone Anda untuk mengabadikan momen-momen berharga selama perjalanan. Foto-foto tersebut tidak hanya akan menjadi kenangan indah, tetapi juga bisa menjadi inspirasi bagi orang lain untuk mengunjungi Telaga Ngebel.

Dengan mengikuti tips-tips di atas, Anda dapat merencanakan dan menikmati perjalanan berwisata ke Telaga Ngebel dengan lebih menyenangkan dan memuaskan. Selamat menikmati keindahan alam dan misteri yang tersembunyi di lereng barat Gunung Wilis ini!


Topik

Wisata telaga ngebel dimana telaga ngebel wisata telaga ngebel legenda telaga ngebel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana