Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik PILKADA KOTA BATU 2024

Jalur Independen Pilkada Kota Batu Diminati Warga Luar Kota

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : A Yahya

05 - May - 2024, 18:50

Placeholder
KPU Kota Batu menerima konsultasi pencalonan wali kota jalur perseorangan.

JATIMTIMES - Pilkada Kota Batu 2024 tak hanya bakal diramaikan pasangan calon dari partai politik tapi, juga dari jalur perseorangan atau independen. Saat ini, sudah ada beberapa pihak yang berkonsultasi ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu terkait pencalonan untuk jalur independen.

"Sejauh ini ada yang berkonsultasi, dua orang, seputar dukungan perseorangan (pencalonan)," ujar Ketua KPU Kota Batu Heru Joko Purwanto saat dikonfirmasi, belum lama ini.

Baca Juga : Target Meningkat, BPBD Jatim Bakal Bentuk 70 Desa Tangguh Bencana Baru Tahun Ini

Dikatakan, pendaftaran calon kepala daerah (Cakada) akan dimulai pada tanggal 24 Agustus 2024. Dimana calon perseorangan diharuskan mengantongi dukungan 8,5 persen dari DPT Pemilu Februari lalu.

Ditanya lebih jauh terkait dengan nama-nama yang dimaksud, dirinya belum berkenan menyebutkan. Pihaknya berharap masyarakat bisa mengikuti proses dan tahapannya. Serta persyaratan yang sesuai sesuai ketentuan bagi setiap calon nantinya.

Meski begitu ia memastikan pihak yang telah berkonsultasi bukan warga dari Kota Batu. "Keduanya dari orang luar kota semua," ungkapnya.

Ditambahkan Komisioner KPU Kota Batu Divisi SDM Sosialisasi dan Partisipasi Masyatakat, Marlina untuk persyaratan minimal dan persebaran dukungan bakal pasangan calon perseorangan salam Pilwali Kota Batu 2024 sebanyak 16.542 orang. "Persyaratan maju perseorangan itu minimal harus mengantongi dukungan dari jumlah DPT 16.542 orang," terang Marlina.

Baca Juga : Artis Kris Dayanti Segera Susul Wabup Didik Ambil Formulir di PDIP Kota Batu

Marlina menyampaikan, KPU Kota Batu telah mengumumkan persiapan penyerahan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dalam Pilwali sejak 5 Mei 2024. Pada Pilkada sebelumnya, ada 2 pasangan yang maju Pilwali 2024 melalui Jalur Independen.

"Pengumpulan dukungan itu kita beri waktu sejak Mei hingga bulan Juni atau Juli 2024. Nanti ketika sudah dikumpulkan dukungannya akan kita lakukan verifikasi faktual," kata dia.


Topik

Politik pilkada kota batu kpu kota batu jalur perseorangan jalur independen heru joko purwanto



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

A Yahya