Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik Pilkada Kota Blitar 2024

Respons Trijanto Setelah Didaftarkan Relawan untuk Pilkada Kota Blitar

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

05 - May - 2024, 09:25

Placeholder
Mohammad Trijanto

JATIMTIMES- Ketua Komite Rakyat Pemberantas Korupsi (KRPK) dan Ketua Umum Rakyat Tuntut Amanat Keadilan (Ratu Adil), M Trijanto, mengungkapkan kekagetannya saat didaftarkan oleh relawan pendukungnya untuk maju dalam Pemilihan Wali Kota Blitar 2024. 

Sebagaimana diketahui, sejumlah relawan yang sebelumnya aktif mendukung kampanye Mohammad Trijanto dalam pemilihan anggota DPD Jawa Timur mengambil langkah berani dengan mengambil formulir pendaftaran di kantor DPC PDI Perjuangan Kota Blitar pada Jumat (3/5/2024). 

Baca Juga : Bupati Sanusi Hadiri Bacakada PKB, CLBK di Pilkada Kabupaten Malang 2024?

Langkah ini merupakan upaya konkret sebagai representasi dari dukungan puluhan ribu suara yang berhasil diperoleh Trijanto dari Kota Blitar pada pemilihan DPD Jawa Timur dalam Pemilu 2024 bulan Februari yang lalu. Dukungan ini menegaskan harapan mereka agar Trijanto mencalonkan diri dalam pertarungan Pilkada Kota Blitar.

“Saya terkejut dan tidak menyangka bahwa relawan memiliki inisiatif seperti ini, namun saya sungguh menghargai dedikasi mereka. Saya patut memberi penghargaan atas kemandirian mereka dalam bergerak bersama seluruh lapisan masyarakat, tanpa bantuan biaya atau arahan,” ungkap Trijanto dalam pernyataannya kepada awak media pada Sabtu (4/5/2024), 

Menurut Trijanto, sementara dirinya terkejut, dia tidak bisa merasa marah mengingat hak setiap orang untuk berpartisipasi dalam proses demokrasi, terutama dalam pemilihan pemimpin. "Saya tidak merasa marah, karena saya mengerti bahwa itu adalah hak mereka. Namun, saya tetap terkejut dengan kejadian ini," tambahnya.

Alasan di balik langkah relawan tersebut, menurut Trijanto, adalah karena adanya krisis kepemimpinan yang dianggap membutuhkan sosok yang bersih, demokratis, dan berpihak kepada kepentingan rakyat. "Pilkada harus melahirkan pemimpin yang berasal dari kesadaran rakyat dan berkomitmen untuk melayani kepentingan rakyat secara utuh, tanpa terjebak dalam pengaruh hegemoni oligarki ekonomi, politik, dan kekuasaan," jelasnya.

Trijanto juga menegaskan bahwa relawan berharap untuk melahirkan figur alternatif yang tidak terikat dengan kepentingan para pemilik modal.”Mereka menginginkan figur alternatif yang tidak terikat dengan kepentingan para pemilik modal," tegas Trijanto.

Baca Juga : KPU Kota Batu Buka Pendaftaran Calon Wali Kota Perseorangan, Wajib Kantongi Syarat 16 Ribu Suara

Ditanya mengenai langkahnya terkait pergerakan relawan tersebut, Trijanto mengungkapkan bahwa ia tidak bisa menolak keinginan rakyat. "Jika memang ada dukungan dari masyarakat dan semua elite politik menyetujui langkah relawan ini, saya akan terpaksa mengikuti proses pemilu tahap demi tahap," ujarnya.

Mengenai jejak politiknya, Trijanto adalah seorang calon DPD RI pada Pemilu 2024 yang hanya mengandalkan kekuatan relawan tanpa melakukan politik uang. Dengan dukungan tersebut, Trijanto berhasil memperoleh hampir 100 ribu suara di Blitar, dan bahkan mendapatkan dukungan hingga 1 juta suara di seluruh Jawa Timur.


Topik

Politik Pilkada Kota Blitar prijanto Kota Blitar pilkada



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni