Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Ekonomi

Viral Warga Kota Malang Rugi Banyak Jual Emas Meski Harga Naik

Penulis : Irsya Richa - Editor : A Yahya

01 - May - 2024, 18:41

Placeholder
Unggahan (Foto: tangkapan layar unggahan TikTok @dessfa_12)

JATIMTIMES - Menjual perhiasan emas, tidak serta memberikan keuntungan meski harga emas sedang melembung. Sebaliknya malah bakal merugi. Kisah itu seperti dialami warga Kota Malang yang merugi setelah menjual emas di salah satu toko ternama di Kota Malang meskipun saat ini harga emas sedang tinggi. Kisahnya kini pun tengah viral di media sosial khususnya di Tik Tok.

Kisah itu dibagikan akun dessfa_12 yang niatnya ingin menjual cincin karena harga emas sedang naik di toko emas Bulan Purnama di Jalan S. Wiryo Pranoto, Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Dessfa percaya diri tidak akan rugi banyak dari harga yang dibeli sebelumnya.

Baca Juga : Pelaku Eksibisionis Bawa Sajam Viral di Singosari Malang

“Niat hati mau jual cincin kukira gak bakal rugi banyak, karena sekarang harga emas naik kan? Tapi ternyata aku salah. Kaget denger penjelasan mbaknya (pegawai),” tulis Dessfa.

Dessfa menyertakan unggahan foto cincin emas milik Dessfa punya kadar 16 karat dengan berat 5.320 gram. Selanjutnya Dessfa juga menyertakan nota cincin emas yang dibeli pada 18 Mei 2023 silam seharga Rp 4,3 juta.

Dessfa memperkirakan jika rugi tidak banyak, namun setelah mendapatkan penjelasan dari pegawai toko emas langsung dibuat kaget. “Tapi ternyata aku salah. kaget denger penjelasan mbaknya (pegawai),” tambah keterangan unggahan Dessfa.

Dari harga beli pada 18 Mei 2023 silam cincin emas mendapatkan potongan 10 persen jadi Rp 3.870.000. Tak puas dengan harga yang diberikan, Dessfa pun bertanya kepada pegawai tersebut alasan memberikan harga itu karena harga emas lagi naik.

“Loh kenapa dihargain segitu mbak, kan emas naik. Mosok (masak) rugi Rp 430 ribu,” imbuh keterangan tersebut. Rupanya pegawai itu diduga memberikan keterangan jika tifak ingin rugi diminta untuk membeli emas antam.

“Katanya kalau gak mau rugi beli emas antam aja,” tambah keterangan Dessfa. Kejadian ini pun bukan pertama kalinya menimpa Dessfa, ternyata sudah terjadi kedua kalinya. 

Saat itu ia membeli gelang senilai Rp 15 juta, lalu dijual rugi sebesar Rp1,5 juta. Namun kejadian itu tidak membuatnya kapok dan mengulang menjual emas di sana. “Kecewa yang ke 2 kali nya dulu beli gelang Rp 15jt rugi 1.5 juta dan malah ku ulangi lagi, bodohnya aku,” tulis Dessfa.

Unggahan Dessfa kini sudah dilihat 4,1 juta penonton dengan 35,7 ribu like dan 13,9 komentar. Banyak warganet yang mengomentari, ada juga salah satu mantan pegawai toko emas tidak kaget dengan kejadian tersebut.

Baca Juga : Pengendara Mobil Tabrak Mobil Debt Collector yang Berniat Sita Mobilnya di Tengah Jalan

“Saya yang kerja di toko emas, gak kaget lagi lihat ini,” komentar ig; Adhee_15.

Bahkan ig; Adhee_15 juga menjelaskan jika pembelian baru satu tahun tidak bisa mendapatkan untung, yang ada merugi meski harga emas naik. Meski harga emas naik tetap mendapatkan potongan 10 persen.

Menurutnya Dessfa masih beruntung lantaran biasanya bisa mendapatkan potongan hingga 25 persen. “Pembelian baru setahun gak bisa untung mbak, mesti rugi, walau pun harga emas skrng naik kita tetep dpet potongan mbak it masih mending 10 persen mbak biasanya ada jiha potongan smpek 25 persen,” ujar ig; Adhee_15.

Menurut ig; Adhee_15 konsumen bisa mendapatkan untung jika sudah menyimpan emas selama 5 tahun. “Selama saya belajar jual beli emas itu org yg dpet untung itu yg udh 5 th nyimpen emas mbak, itu aja untungnya ngikutin harga jual nya yg skrng naik atau turunya,” tambah keterangan ig; Adhee_15.

Sementara itu saat wartawan ini mencoba mengonfirmasi, pegawai toko emas Purnama membenarkan kejadian tersebut. Sayanganya tidak bisa menjelaskan kejadian secara rinci. “Iya benar. Tapi kalau kejadian secara rinci kami tidak bisa memberi penjelasan karena toko sudah tutup,” ujar salah satu pegawai.


Topik

Ekonomi kota malang jual emas merugi rugi jual emas harga emas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

A Yahya