Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Wisata

Hanya di Malang, Ada Dua Pantai yang Punya Jembatan ke Pulau-Pulau Indah

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

20 - Apr - 2024, 18:01

Placeholder
Pantai Ngliyep adalah salah satu Pantai di Malang yang punya jembatan penghubung ke Pulau Gunung Kombang. (Foto: Tim JatimTIMES)

JATIMTIMES - Di Kabupaten Malang, terdapat dua pantai yang punya jembatan penghubung ke pulau-pulau indah. Dan jembatan yang jadi penghubung tersebut berada di atas besarnya ombak Laut Selatan, sehingga sangat bagus untuk ber-selfie ria.

Pantai pertama yang memiliki jembatan adalah Pantai Gunungkombang. Pantai yang terkenal dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, dengan pasir putih nan lembut dan air laut yang jernih ini memiliki akses untuk menuju Pulau Gunung Kombang. 

Baca Juga : Polres Malang Lakukan Penyelidikan Tewasnya Ibu Guru Usai Ditabrak Pikap

Gunung Kombang sendiri dikenal sebagai sebuah pulau kecil yang berada di dalam satu kawasan dengan Pantai Ngliyep. Mitos yang ramai tersebar di masyarakat, di Gunung Kombang ini terdapat sebuah goa tempat Nyi Roro Kidul pernah muncul.

Sehingga tak heran, di Gunung Kombang ini banyak wisatawan dan masyarakat setempat yang berkunjung untuk melakukan ritual sesaji di sekitaran petilasan ini. 

Di kawasan Gunung Kombang ini juga terdapat tempat beribadah bagi masyarakat. Bahkan di kawasan ini juga kerap dipakai untuk tradisi larungan. 

Untuk mengakses kawasan ini, sejak 2023 lalu, terdapat sebuah jembatan yang membentang dari Pantai Ngliyep ke Gunung Kombang. Selain jembatan, akses berupa tangga dan jalan cor juga mempermudah jalan menuju Gunung Kombang. 

Tampak jembatan penghubung dari Pantai Ngliyep ke Gunung Kombang. (Foto: YouTube HM Adventure)

Tampak jembatan penghubung dari Pantai Ngliyep ke Gunung Kombang. (Foto: YouTube HM Adventure) 

Tak hanya itu, keindahan sunset di Gunung Kombang ini juga sangat menakjubkan. Dengan berjalan beberapa menit saja dari Pantai Ngliyep, wisatawan bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang tak terlupakan. 

Selain Ngliyep, ada juga Pantai Balekambang yang bisa menjadi gerbang menuju tiga pulau batu yang bernamakan sesuai dengan tokoh pewayangan. Yaitu Pulau Wisanggeni dan Pulau Ismoyo yang berjajar ke arah barat dari Pantai Balekambang. 

Pantai Balekambang sendiri terletak di desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang. Untuk mencapai ketiha pulau tersebut terdapat jalan setapak selebar 1,5 meter yang menghubungkan pulau tersebut dengan daratan.

Baca Juga : Kunjungan Turun, Lebaran Tahun Ini Hanya 165 Ribu Wisatawan Kunjungi Kabupaten Malang

Di Pulau Ismoyo, berdiri Pura Amerta Jati atau juga dikenal sebagai Pura Ismoyo. Pura ini memiliki karakteristik yang berbeda dari pura-pura Hindu di Bali. Pura Ismoyo berada di atas batu, lengkap dengan jembatan penghubung. 

Tampak Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo yang berada di Pantai Balekambang. (Foto: Tim JatimTIMES)

Tampak Pura Amerta Jati di Pulau Ismoyo yang berada di Pantai Balekambang. (Foto: Tim JatimTIMES)

Melansir dari Indonesia travel, Pura Ismoyo didesain mengikuti Pura Tanah Lot yang terkenal di Bali, pura ini juga merupakan tempat suci bagi pengikut Hindu, tempat dilaksanakannya ritual keagamaan. 

Kegiatan lain yang tak boleh dilewatkan di Pulau Ismoyo adalah menantikan Matahari tenggelam, lalu mengabadikan siluet keindahan pura Hindu yang bentuknya berbeda dari pura di Bali, namun sekilas lebih mirip dengan candi-candi kuno di Jawa Timur. 

Demikian dua pantai di Malang yang menghubungkan ke pulau-pulau indah. Kini kedua pantai ini menjadi destinasi populer bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Kabupaten Malang serta menjelajahi pulau-pulau indah yang terletak di sekitarnya.


Topik

Wisata Pantai Balekambang Pantai Kabupaten Malang Pantai Malang wisata pantai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Sri Kurnia Mahiruni