Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kuliner

Hidangan Khas Tanah Parahyangan dengan Nuansa Pedesaan, Mang Engking Batu Alternatif Kulineran Libur Lebaran

Penulis : Prasetyo Lanang - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

16 - Apr - 2024, 17:40

Placeholder
Mang Engking salah satu jujugan wisata kuliner dengan hidangan Sunda dengan nuansa pedesaan di Kota Batu.

JATIMTIMES - Menghabiskan waktu libur lebaran di Kota Batu tak lengkap tanpa merasakan berwisata kuliner dengan nuansa berbeda. Salah satunya di Gubug Makan Mang Engking Batu yang bisa jadi pilihan dengan hidangan khas Sunda serta nuansa pedesaan.

Suasana asri dengan sajian tanah Parahyangan ini dapat ditemui di Jalan Ir Soekarno, Desa Beji, Kecamatan Junrejo. Tepatnya di depan destinasi wisata Dino Park Jatim Park 3.

Baca Juga : Daftar Tarif Tol Trans Jawa Selama Mudik Lebaran 2024

Restoran yang diketahui didirikan 2019 lalu itu, bisa jadi alternatif jika mencari tempat bersantai karena suasananya begitu menenangkan ala pedesaan. Konsepnya bangunanya didominasi material kayu yang menonjolkan aksen alam memadukan tone warna-warna natural. Karena itu, banyak pengunjung tak mau buru-buru segera beranjak dari suasana yang nyaman dan natural.

Tempat untuk menikmati hidangan pun didesain begitu nyaman berupa deretan-deretan gazebo berbahan kayu mengelilingi kolam ikan. Pengunjung juga bisa memilih tempat bersantap yang dibentuk menyerupai perahu. Menurut Marketing Gubug Makan Mang Engking Kota Batu, Galih Sari Putri Palupi, Mang Engking memiliki kapasitas menampung 1.000 pengunjung.

"Konsepnya memang suasana ala pedesaan yang tenang di tengah hiruk pikuk perkotaan. Selaras dengan tagline kami, yakni 'Gubuk Makan Mang Engking dari Desa untuk Indonesia'," terang Galih.

Selain itu ada fasilitas berupa terapi ikan yang dapat dinikmati secara gratis serta area bermain anak. Para pengunjung juga dapat memberi makan ikan-ikan di kolam sembari menunggu hidangan datang. Harga pakan ikan dibanderol hanya Rp 5 ribu.

Dikatakan Galih, Gubug Makan Mang Engking Kota Batu merupakan cabang ke-23. Kota Batu dilirik untuk memperluas sektor usaha karena cukup potensial. "Setiap momen liburan selalu ramai kalangan wisatawan," katanya.

Dirincikan Galih, ada 53 varian menu kuliner yang disiapkan untuk menarik wisatawan. Menu kuliner dibanderol mulai harga Rp 50 ribu-Rp 250 ribu. Serta menu paket mulai Rp 400 ribu untuk 4 orang dan Rp 1 juta untuk 10 orang.

Baca Juga : Volume Kendaraan Arus Balik Lebaran Kota Batu Meningkat, Sentuh 809 Ribu dalam Lima Hari

Hidangan seperti gurami bumbu cobek berupa gurami goreng yang disiram racikan bumbu kencur dan perasan air jeruk limau yang diulek pada cobek termasuk andalan. Menu lainnya yang banyak diburu yaitu gurami cenghar. Dalam Bahasa Indonesia cenghar berarti segar.

Galih menyebut, dari beragam hidangan yang disediakan, ada satu menu favorit Gubug Makan Mang Engking yang banyak diburu konsumen. Yakni udang bakar madu diolah dengan cara ditusuk dan dibakar layaknya sate. Kemudian dilumuri racikan bumbu kaya rempah serta madu. Setiap menunya yang disajikan tentu menggugah selera.

"Itu menu favorit di sini, udang bakar madu jadi salah satu andalan. Untuk minuman yang cukup sering jadi favorit ada es cendol, es kelapa utuh dan wedang uwuh," jelasnya.


Topik

Kuliner Gubug Makan Mang Engking kuliner kuliner malang Kuliner Kota Batu



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Prasetyo Lanang

Editor

Sri Kurnia Mahiruni