Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Transportasi

Jelang Arus Mudik Lebaran, Dishub Kota Kediri Mulai Cek Kelaikan Angkutan

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Yunan Helmy

03 - Apr - 2024, 21:22

Placeholder
Petugas mengecek kelengkapan kendaraan.

JATIMTIMES - Pemerintah Kota Kediri melalui Dinas Perhubungan mulai melakukan inspeksi keselamatan angkutan (ramp check) ke perusahaan otobus (PO) yang ada di Kota Kediri, Rabu (3/4/24). Kegiatan ini dilakukan guna meningkatkan keselamatan transportasi menjelang mudik lebaran tahun 2024. 

Dalam kegiatan ini Dinas Perhubungan menerjunkan tim sebanyak 6 orang. Pengecekan diawali dengan mendatangi perusahaan otobus yang ada di Jalan Kilisuci. 

Baca Juga : DPKPCK Kabupaten Malang Bentuk Petugas TFL, Pastikan Program Bedah Rumah Tepat Sasaran

“Untuk hasil pengecekan hari ini di PO setiawan hanya terdapat 4 bus yang standby di garasi. Dari 4 bus ini semua dinyatakan laik jalan. namun ada beberapa catatan seperti kaca depannya retak,” ujar Kepala Dinas Perhubungan Didik Catur saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon. 

Dengan adanya temuan tersebut, Didik langsung mengimbau  pemilik PO untuk segera memperbaiki kaca yang retak demi keamanan dan kenyamanan pengemudi. 

Dinas Perhubungan melakukan ramp check mulai dari unsur administrasi yang meliputi kepemilikan kartu izin muatan, kartu izin STUK, dan SIM pengemudi. Unsur teknis utama terkait sistem penerangan, sistem pengereman, badan kendaraan, kondisi ban, perlengkapan dan dimensi muatan. Selanjutnya untuk beberapa hari ke depan, tim Dinas Perhubungan juga berencana akan melakukan pengecekan ke perusahaan otobus lain di Kota Kediri. 

“Pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan kelengkapan administrasi dan pemeriksaan fisik kendaraan seperti lampu, wiper, ban, APAR (alat oemadam api ringan), dan lain-lain,” terang Didik.

Selain melakukan pemeriksaan, Dinas Perhubungan Kota Kediri juga melakukan sosialisasi tentang SKB Pengaturan Lalu Lintas Jalan serta plPenyeberangan selama masa arus mudik dan balik angkutan lebaran tahun 2024 kepada PO dan juga perusahaan pengiriman atau ekspedisi. Dengan dilakukannya kegiatan ramp check ini, Didik berharap bisa mewujudkan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan khususnya angkutan umum penumpang. Selain itu untuk menjamin keamanan dan kenyamanan masyarakat selama mudik. 

“Semoga kegiatan ini bisa meningkatkan keselamatan penumpang maupun pengemudi khususnya dalam menghadapi arus mudik dan balik lebaran 2024. Selain itu sebagai antisipasi dini agar terhindar dari potensi kecelakaan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Didik sekaligus memberikan himbauan kepada masyarakat agar tidak menggunakan kendaraan roda 2 untuk mudik. Terlebih tahun ini diperkirakan akan ada lonjakan pemudik sehingga perlu ada upaya untuk mengurangi kecelakaan dan tingkat kemacetan selama masa lebaran. 

Baca Juga : KONI Kota Malang Sebut Porprov IX Jatim Akan Dikemas Sport Tourism, Begini Gambarannya

“Untuk mengurangi angka kemacetan dan kecelakaan selama lebaran tahun ini, Dinas Perhubungan telah menyiapkan program Balik Gratis dengan tujuan Kota Kediri-Surabaya. Ini bisa dimanfaatkan masyarakat sekaligus  mematuhi imbauan pemerintah agar pemudik bisa mengurangi penggunaan kendaraan roda-2 dan beralih ke angkutan umum”, tuturnya. 

Ditemui saat pengecekan, Sumaryono selaku PIC PO Setiawan menuturkan kesiapan armadanya jelang mudik lebaran. Dijelaskannya selama ini PO Setiawan melayani rute antar kota dan antar provinsi. Bukan hanya dalam momen lebaran saja, Sumaryono mengaku pihaknya memiliki kewajiban untuk selalu menyiapkan armadanya laik baik dari segi administrasi maupun segi fisik. 

“Dengan adanya kegiatan ramp check ini kami sangat menyambut positif karena kegiatan ini membantu mengontrol kami dari sisi yang diwajibkan oleh Undang-undang tentang kelaikan kendaraan dari segi administrasi dan fisik,” ujarnya. 

Sumaryono menambahkan, pihaknya juga telah rutin melakukan pengujian KIR secara berkala.  Namun dalam momen lebaran ini, ia lebih intens memeriksa dan menyiapkan kelaikan kendaraan baik untuk angkutan pariwisata, angkutan antar kota antar provinsi, maupun arus mudik dan arus balik.


Topik

Transportasi Cek angkutan mudik Lebaran Kota Kediri Pemkot Kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Yunan Helmy