Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Ekonomi

DKPP Kota Blitar Gelar Gerakan Pangan Murah untuk Stabilisasi Harga Jelang Idul Fitri

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Apr - 2024, 15:41

Placeholder
Gerakan Pangan Murah digelar DKPP Kota Blitar di Jalan Mastrip

JATIMTIMES - DKPP Kota Blitar mengambil langkah proaktif dengan menggelar gerakan pangan murah di Jl Mastrip pada Senin (1/4/2024), sebagai bagian dari upaya untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri. 

Kegiatan ini merupakan respons atas kekhawatiran akan potensi kenaikan harga bahan pokok yang biasanya terjadi menjelang perayaan tersebut.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Menurut Kepala DKPP Kota Blitar, Dewi Masitoh, gerakan pangan murah yang digelar merupakan langkah konkret dari Pemerintah Kota Blitar dalam menjawab tantangan pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

"Kami sangat memperhatikan kebutuhan masyarakat, oleh karena itu, kami menyediakan sembilan komoditas bahan pokok dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan harga pasaran," ujar Dewi, ketika ditemui di lokasi kegiatan.

Dewi menjelaskan bahwa dalam gerakan pangan murah tersebut, DKPP Kota Blitar menyediakan berbagai jenis komoditas yang menjadi kebutuhan utama masyarakat. Dengan penyediaan berbagai komoditas tersebut, diharapkan masyarakat dapat memenuhi kebutuhan pokok mereka dengan lebih terjangkau.

Dalam gerakan tersebut, berbagai bahan pokok ditawarkan dengan harga yang lebih terjangkau, dengan selisih harga mencapai Rp 1.000-Rp 2.000 dari harga pasaran. Dewi menjelaskan bahwa beras SPHP dijual dengan harga Rp 52.000 per kemasan 5 kilogram atau Rp 10.400 per kilogram, sementara di pasaran, harga beras medium masih di atas Rp 11.000 per kilogram. Begitu pula dengan beras premium yang dijual dengan harga Rp 70.000 per kemasan 5 kilogram atau Rp 14.000 per kilogram, sementara di pasaran, harganya masih kisaran Rp 15.000 per kilogram.

"Kami menyediakan beras SPHP, beras premium, telur, gula pasir, minyak goreng, daging sapi, daging ayam, bawang putih, cabe rawit, dan cabe merah keriting," tambahnya. 

Selain itu, Dewi juga menjelaskan bahwa upaya ini tidak hanya bertujuan untuk memberikan akses terhadap bahan pokok dengan harga yang lebih murah, tetapi juga untuk menjaga stabilitas harga pangan secara keseluruhan di Kota Blitar. 

"Kami berharap dengan adanya gerakan pangan murah ini, dapat memberikan tekanan positif terhadap harga pangan di pasaran, sehingga masyarakat dapat merasakan dampaknya dalam keseharian mereka," ungkap Dewi dengan penuh keyakinan.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

Masyarakat Kota Blitar menyambut baik kegiatan ini, menganggapnya sebagai solusi yang membantu meringankan beban biaya hidup jelang perayaan Idul Fitri. 

"Harga-harga bahan pokok memang cenderung naik menjelang Idul Fitri, jadi inisiatif DKPP Kota Blitar ini sangat membantu kami yang ingin mempersiapkan diri dengan biaya terjangkau," ungkap Ayu (40), salah satu ibu rumah tangga di Kota Blitar.

Menurut Eko Adi Susilo, pengamat ekonomi dari Universitas Islam Balitar (Unisba) Blitar, langkah DKPP Kota Blitar ini adalah contoh nyata dari peran pemerintah dalam menjaga stabilitas ekonomi lokal. "Stabilisasi harga pangan jelang perayaan adalah langkah penting untuk mencegah tekanan inflasi dan memberikan kepastian kepada konsumen," ujar Eko Adi.

Gerakan pangan murah yang dilakukan DKPP Kota Blitar diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi daerah lain untuk mengadopsi langkah serupa guna menjaga stabilitas harga pangan dan mengurangi beban biaya hidup bagi masyarakat, terutama dalam momentum perayaan seperti Hari Raya Idul Fitri.


Topik

Ekonomi Pemkot Blitar DKPP Kota Blitar pasar murah harga kebutuhan bahan pokok



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Sri Kurnia Mahiruni