Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Serba Serbi

Rekomendasi 5 Pengharum Ruangan, Bikin Tamu Betah saat Silaturahmi Lebaran

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

09 - Apr - 2024, 06:44

Placeholder
Ilustrasi pengharum ruangan. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Lebaran, termasuk di Indonesia, identik dengan budaya silaturahmi antarkerabat dan keluarga. Berkunjung ke rumah orang tua atau anggota keluarga lain sudah jadi tradisi yang mengakar.

Untuk itu, segala persiapan dilakukan untuk menunjang acara silaturahmi dengan keluarga besar dan teman-teman terdekat. Selain makanan dan pakaian yang identik dengan Hari Raya Idul Fitri, menata dan mendekorasi ruang tamu serta membuat ruang tamu wangi termasuk kegiatan yang bisa dilakukan untuk memastikan para tamu merasa nyaman saat berkunjung.

Baca Juga : 10 Negara dengan Umur Terpendek, Kisaran 50 Tahun

Jika kamu ingin menciptakan ruangan lebih segar dan wangi, pasti membutuhkan pengharum khusus dan awet agar saat kumpul keluarga nanti baunya tak mudah luntur.

Nah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 5 rekomendasi pengharum ruangan yang begitu awet dan bisa bikin tamu kagum dengan segarnya ruang tamu kamu. 

1. Reed Diffuser

Reed diffuser merupakan pengharum ruangan yang memiliki bentuk mirip dengan dupa. Sehingga, tak hanya berfungsi sebagai pengharum, produk ini juga bisa dijadikan sebagai hiasan ruangan.

Reed diffuser memiliki aroma wangi yang didapat dari minyak essential. Perantaranya menggunakan batang kayu yang dimasukkan ke dalam botol yang berisi minyak tersebut agar wangi dapat menyebar ke seluruh ruangan.

2. Pengharum Gantung

Pengharum gantung merupakan salah satu jenis pewangi ruangan yang sudah ada sejak dahulu, sebelum banyaknya produk modern yang bermunculan di pasaran.Jenis ciri pengharum ini adalah kemasan plastik yang didalamnya terdapat benda padat.

Benda padat ini fungsinya sebagai pengharum. Nantinya, benda padat ini menyublim dan lama kelamaan aroma wanginya pun semakin berkurang. Tandanya, Anda harus segera mengganti dengan yang baru supaya wangi di ruangan tetap terjaga.

3. Diffuser

Berbeda dengan reed diffuser yang menggunakan batang kayu untuk mengeluarkan aroma, diffuser menggunakan cara yang lebih modern dengan mengubah minyak essential yang berada di dalam wadah menjadi uap.

Namun, dibanding jenis pengharum ruangan lainnya, penggunaan diffuser sebaiknya dibatasi antara 30-60 menit supaya tidak menimbulkan efek samping. Asal dalam batas penggunaan yang wajar, diffuser aman untuk digunakan.

4. Pengharum Ruangan Otomatis

Baca Juga : 8 Adab Bertamu di Hari Lebaran Sesuai Anjuran Rasulullah

Buat yang mau ruangan wangi semerbak tanpa repot, pengharum automatic ini bisa jadi produk andalan di rumah. Selain modern, pewangi ruangan juga kekinian karena memiliki bentuk unik dan lucu. Cocok dijadikan hiasan dinding atau pajangan meja.

Cara penggunaan pengharum ini adalah masukkan pewangi aerosol ke dalam alat automatic yang telah dipasang baterai. Kemudian tutup dan atur waktu interval penyemprotan sesuai keinginan lalu gantungkan di dinding. Dengan begitu, pengharum automatic ini pun otomatis menyemprot sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.

5. Aerosol

Aerosol merupakan alternatif pengharum ruangan jika Anda tidak menginginkan yang otomatis seperti poin di atas. Sebab, cara penggunaannya cukup disemprotkan pada ruangan yang diinginkan. Namun, sebelum disemprotkan, biasanya aerosol ini dikocok terlebih dulu.

Hal ini supaya cairan gas dalam pewangi tidak menggumpal. Dengan begitu, aroma dari aerosol ini pun merata dan menjangkau ke seluruh ruangan. Untuk harga pengharum ruangan aerosol sendiri juga bisa dibilang ramah dikantong.


Topik

Serba Serbi pengharum ruangan Lebaran Idul Fitri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy