Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Otomotif

Ini Bagian Mobil yang Harus Dicek usai Dipakai Mudik, Jangan Langsung Dibawa Pergi Lagi

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

09 - Apr - 2024, 09:05

Placeholder
Mobil dipakai mudik. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Mobil yang telah dipakai untuk mudik ke kampung halaman jangan langsung dipakai untuk beraktivitas lagi. 

Mobil yang digunakan untuk menempuh jarak jauh sudah pasti merasa “lelah”. Karena itu, harus dirawat kembali agar tetap prima.

Baca Juga : Tips Mudah Merebus Daging Sapi agar Cepat Empuk Tanpa Pakai Panci Presto

Nah berikut ini, ada beberapa bagian mobil yang harus dicek usai dipakai untuk mudik yang telah dirangkum dari berbagai sumber. Apa saja ya kira-kira?

Cairan Rem

Rem dapat berfungsi optimal bila cairan rem atau minyak rem dalam kondisi prima. Pastikan volume cairan rem tidak berkurang, tidak ada perubahan warna, dan tidak ada endapan lumpur di dalam tabung penyimpannya.

Cairan rem yang berkurang menandakan kampas rem mulai menipis, dengan catatan tidak terdeteksi kebocoran pada sistem rem. Periksa selang rem dari kemungkinan sobek atau bocor.

Cairan Radiator

Radiator punya tugas berat mendinginkan mesin mobil jadi pastikan cairan khusus di dalamnya tidak habis. Cek pula level cairan di tabung cadangannya sesuai rekomendasi.

Periksa pula kemungkinan kebocoran pada selang dan rumah radiator. Saat dikendarai jauh ada kemungkinan kotoran seperti kerikil atau bangkai hewan kecil menempel di kisi-kisi radiator.

Cairan

Selain cairan rem dan radiator, Anda juga perlu memeriksa beberapa cairan lainnya seperti pada sistem kopling, aki hingga pembersih kaca. Oli transmisi, baik untuk manual maupun otomatis, juga perlu dicek kondisinya sesuai ketentuan normal.

Begitu pula dengan power steering hidrolis. Pastikan juga volume cairan tidak berkurang dan sesuai rekomendasi pabrikan.

Ban

Baca Juga : 5 Rekomendasi Foundation Favorit Para MUA, Makeup Tahan Lama Seharian di Hari Lebaran

Selama perjalanan panjang mudik, ban mobil akan menemui berbagai kondisi jalan yang tak seperti biasanya. Hal ini, ditambah banyak muatan di kabin membuat ban bekerja lebih ekstra.

Pengecekan bisa dilakukan dengan cara melihat kondisi permukaan tapak ban. Lalu bersihkan kerikil yang menempel. Kemudian lihat tanda keausan ban dan segera ganti jika sudah tidak aman dipakai. Perhatikan pula kondisi dinding ban dan pastikan tidak ada kerusakan seperti benjol atau sobek.

Oli Mesin

Pelumas punya peran vital melindungi mesin. Volume oli mesin tidak boleh kurang ataupun berlebihan.

Cara pengecekannya yaitu menggunakan tongkat pengukur atau dipstick. Pastikan tidak ada perubahan warna oli mesin, jika terjadi demikian itu bisa jadi menandakan ada masalah apalagi kalau sampai warnanya berubah menjadi coklat susu, ini indikasi oli tercampur air.

Cek indikator panel instrumen

Pengecekan selanjutnya yang bisa dilakukan yaitu melihat indikator pada panel instrument mobil. Cukup memutar kunci kontak di ON dan lihat indikator di panel instrumen.

Jika tidak ada masalah, lanjutkan menyalakan mesin. Dengarkan bila ada suara aneh terdengar. Kalau ada, peluang terbaik untuk memperbaiki adalah dengan membawanya ke bengkel terpercaya.


Topik

Otomotif Mobil mobil dipakai mudik cek mobil



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy