Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Seleksi BEC 2024: Upaya Tumbuhkan Kecintaan Budaya dan Gali Potensi Desa

Penulis : Nurhadi Joyo - Editor : Dede Nana

21 - Feb - 2024, 08:34

Placeholder
Proses pelaksanaan seleksi calon peserta BEC Tahun 2024 di Balai Desa Rogojampi, Banyuwangi (Istimewa)

JATIMTIMES -  Antusiasme masyarakat khususnya kawula muda cukup tinggi mewarnai seleksi hari pertama calon peserta Banyuwangi Ethno Carnival (BEC) 2024 yang berlangsung di Balai Desa Rogojampi, Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim), Selasa (20/2/2024).

Sebanyak 21 peserta seleksi yang  terdiri dari 14 perwakilan desa dan 7 masyarakat  umum terlihat semangat dalam menampilkan bakat kemampuan dan kreativitas mereka di hadapan panitia seleksi.

Baca Juga : Aplikasi Klinik Hoaks Diskominfo Jatim Bakal Direplikasi Pemkot Mojokerto

BEC 2024 mengangkat tema "Ndaru Deso" yang memiliki arti kebangkitan desa. Tema ini mengandung makna pada kebangkitan desa yang sarat dengan warisan seni budaya dan kualitas hidup yang selaras dengan alam. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Camat Rogojampi. Dalam sambutannya, Camat Rogojampi, Danisworo, menekankan arti pentingnya para peserta dalam memahami maksud dan tujuan BEC.

"Acara ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan terhadap budaya dan menggali potensi desa. Mari kita manfaatkan momen ini untuk mengangkat potensi desa dan memperkenalkannya kepada khalayak luas, seperti Tari Api khas Desa Kedaleman,” ujar Danisworo.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi, Ainur Rofik menyatakan bahwa BEC merupakan sarana untuk menampilkan potensi-potensi tiap daerah.

"Tema "Ndaru Deso"  tahun ini diharapkan dapat mengangkat potensi desa dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa," ungkap Ainur Rofik.

Seleksi BEC 2024 berlangsung dengan cukup ketat. Para peserta diuji kemampuannya dalam catwalk, kostum dan penampilan di atas panggung. Antusiasme peserta dan masyarakat sekitar sangat tinggi, terlihat dari banyaknya warga yang datang untuk menyaksikan acara seleksi BEC tersebut.

Baca Juga : Terlindungi Program JKN, Petugas KPPS Merasa Aman dan Nyaman Jalankan Tugas

Kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan seleksi BEC 2024 hari pertama menunjukkan bahwa antusiasme masyarakat terhadap acara ini masih sangat tinggi. BEC diharapkan dapat menjadi ajang untuk mempromosikan budaya dan potensi desa di Banyuwangi serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat desa.

Adapun kelanjutan kegiatan seleksi BEC 2024 akan berlanjut di zona lain di Banyuwangi, dengan jadwal lengkap sebagai berikut;


Topik

Pemerintahan banyuwangi ethno carnival 2024 potensi desa ndaru deso seleksi peserta bec 2024 rogojampi



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nurhadi Joyo

Editor

Dede Nana