Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pj Wali Kota Malang Ingatkan Pemilih Pemula Jadi Penentu Masa Depan Bangsa

Penulis : Riski Wijaya - Editor : Nurlayla Ratri

14 - Feb - 2024, 15:13

Placeholder
Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat bersama istri saat melakukan pencoblosan.(Foto: Istimewa).

JATIMTIMES - Pj Wali Kota Malang Wahyu Hidayat mengingatkan akan pentingnya partisipasi generasi muda dalam Pemilu 2024 ini. Termasuk dari kalangan pemuda yang menjadi pemilih pemula. 

Bahkan menurutnya, pemilih pemula termasuk dari kalangan Gen Z, juga diharapkan dapat berperan aktif dalam menentukan masa depan bangsa. 

Baca Juga : Tanggapan KPU Kabupaten Malang Soal Molornya Pemungutan Suara Pemilu 2024

Hal itu pun juga telah ia sampaikan saat mendatangi ke sejumlah sekolah sebelum masa pencoblosan suara. Dirinya mengingatkan agar Gen Z jangan sampai golput. 

"Karena juga di tangan Gen Z ini, mereka sebagai pemilih pemula juga menentukan terkait masa depan negara kita," ujar Wahyu usai mencoblos, Rabu (15/2/2024).

Wahyu mengatakan bahwa hal itu perlu dipahami oleh para pemuda, termasuk pemilih pemula. Mengingat jumlah pemilih dari kalangan pemuda juga cukup besar. 

Dirinya mengatakan bahwa menggunakan hak suara merupakan langkah yang dapat membuka peluang untuk mendapatkan pemimpin sesuai dengan harapan.

Kendati demikian, Wahyu juga mengapresiasi kesadaran banyak generasi muda yang dianggap telah menyadari bahwa golput, berarti sengaja mengabaikan tanggung jawab untuk mengetahui nasib dan pemimpin negara. 

Baca Juga : Gowes Tinjau TPS Unik, Pj Wali Kota Kediri Motivasi Warga Gunakan Hak Pilih

Sebagai informasi, pada Pemilu 2024 ini pemilih dari kalangan pemuda lebih mendominasi. Yakni sebanyak 56,45% dari total keseluruhan pemilih. Atau ada sekitar 113 juta pemilih.

Jika dirinci, ada sebanyak 33,60 persen suara dari kalangan milenial. Atau ada sebanyak 66.822.389 suara dari pemilih yang berusia 1980 hingga 1994 yang biasa disebut milenial. 

Sedangkan dari kalangan Gen Z, ada sebesar 22,85 persen. Atau sebanyak 46.800.161 pemilih Gen Z yang berusia diantara 1995 hingga 2000 an. 


Topik

Pemerintahan Kota Malang Wahyu Hidayat pemilih pemula



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Riski Wijaya

Editor

Nurlayla Ratri