Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Politik

Ganjar Sebut Prabowo Terlambat Atasi Stunting: Bapak Terlambat

Penulis : Mutmainah J - Editor : Yunan Helmy

04 - Feb - 2024, 21:58

Placeholder
Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. (Foto screenshot YT KPU)

JATIMTIMES - Debat kelima atau terakhir Pilpres 2024 saat ini tengah berlangsung dan telah memasuki segmen ke-3. Dalam momen ini, para capres berkesempatan untuk saling bertanya.

Pada kesempatan tersebut, capres 02 Prabowo Subianto meminta tanggapan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo terkait makan siang gratis untuk mencegah stunting.

Baca Juga : Debat Terakhir, Prabowo Banyak Setuju dengan Program Anies  

Menanggapi pertanyaan itu, Ganjar mengaku tidak setuju dengan program tersebut. Ganjar menilai, mencegah stunting sudah terlambat jika diberikan saat anak sudah lahir.

"Kalau ngasih makannya kepada anak-anak untuk mencegah stunting, saya sama sekali tidak setuju Bapak, karena Bapak terlambat. Yang penting itu ditangani sejak bayi dalam kandungan,"kata Ganjar, dalam debat pilpres kelima, Minggu (4/2/2024).

Ganjar menyebut, seharusnya untuk mencegah stunting ibu hamil yang diberikan gizi dengan baik sehingga melahirkan anak yang sehat pula.

“Ibunya yang dikasi gizi, kalau kemudian gizinya baik mereka lakukan cek rutin maka akan ketahuan bahwa ibunya sehat pertumbuhan anaknya sehat,"tegasnya.

Ganjar mengungkapkan, jika ibu hamil yang diberi makan siang dan gizi yang baik, baru dirinya sepakat dengan program Prabowo.

“Kalau Bapak ngasih gizi kepada ibu hamil  itu baru saya setuju. Nanti itu lahir ibunya selamat diperiksa," ucapnya.

Baca Juga : Sindir Intimidasi Seniman di Debat Kelima, Ganjar Sebut Pemerintah Harus Dikritik: Masak Takut

"Kalau sudah sudah lahir dan tumbuh itu bukan stunting tapi gizi buruk, kalau gizi buruk bapak memperbaiki boleh,"sambutnya.

Lebih lanjut Ganjar mengatakan, kebanyakan makan siang bisa jadi nanti menjadi obesitas dan menjadi masalah baru bagi masyarakat.

"Antar stunting dan pemberian makan, jadi makannya jangan banyak-banyak nanti kekenyangan, jangan sampai terjadi obesitas, ini lebih bahaya lagi,"jelasnya.

"Mengatasi stunting sejak ibu hamil bahkan bisa dicegah anak-anak mau menikah, apakah kesehatan calon pengantin," pungkasnya.


Topik

Politik Debat capres-cawapres Pilpres 2024 capres-cawapres



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Indonesia Online. Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Yunan Helmy