Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Lingkungan

Inovasi dalam Energi Hijau dan Pengolahan Limbah, SIER Raih Silver Rank dari ASRRAT

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Yunan Helmy

08 - Nov - 2023, 18:22

Placeholder
Didik Prasetiyono, direktur utama PT SIER, dan  Puspita Ernawati., Klkepala Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT SIER.

JATIMTIMES - BUMN PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) meraih prestasi gemilang dengan mendapatkan penghargaan Silver Rank dalam kategori 'With Reference to Global Reporting Initiative (GRI) Standards 2021', dalam ajang Announcement The Asia Sustainability Reporting Rating (ASSRAT) 2023.

Penghargaan ini diterima langsung Direktur Utama PT SIER Didik Prasetiyono dalam acara puncak penghargaan yang berlangsung di Hotel Raffles, Jakarta. Dalam momen itu, Didik didampingi Kepala Departemen Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PT SIER Puspita Ernawati.

Baca Juga : Pemkab Bondowoso Serahkan Dana Hibah Pelaksanaan Pilkada Sebesar Rp 63 Miliar

Diketahui penyelenggaraan ASSRAT 2023 ini merupakan yang ke-19 sejak pertama diadakan pada 2005 lalu. Acara ini diinisiasi National Resource and Reserve Commission (NRRC). 

Penghargaan ini bertujuan untuk mengakui perusahaan-perusahaan yang telah menyusun laporan keberlanjutan dengan baik dan mengikuti standar GRI.

Selain meraih penghargaan Silver Rank, SIER juga mendapatkan pengakuan khusus dalam ASSRAT 2023. Yaitu 'A Commendation for First Year ASSRAT' yang menunjukkan komitmen perusahaan dalam sustainability report (laporan keberlanjutan) tahun pertama.

Melalui laporan keberlanjutan yang telah diinisiasi sejak 2019, SIER telah merinci tanggung jawab sosial mereka di bidang lingkungan, masyarakat, dan ketenagakerjaan. Laporan ini mencakup berbagai kegiatan seperti bantuan korban bencana, vaksinasi, donor darah, pelatihan UMKM, pengobatan gratis, dan banyak inisiatif lain yang mendukung keberlanjutan sosial dan lingkungan.

Dalam kesempatan tersebut, Dewan Penasihat ASRRAT Prof Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro SE MUP PhD mengingatkan peran penting dunia usaha dalam misi global akan pentingnya mengurangi emisi gas rumah kaca. Langkah ini sebagai upaya menghadapi perubahan iklim yang semakin serius dampaknya.

Bambang Brodjonegoro menyatakan, saat ini bumi mengalami peningkatan suhu rata-rata sebesar 1,1 derajat celsius sebagai akibat dari emisi pemanasan global. Untuk menjawab tantangan ini, Bambang Brojonegoro menekankan perlunya mengurangi emisi gas rumah kaca hingga mencapai nol pada tahun 2050.

"Akan ada konsekuensi serius jika tidak ada tindakan tegas. Termasuk risiko bagi nyawa manusia, kenaikan permukaan laut, kekeringan yang lebih parah, dan kerusakan ekosistem laut," kata mantan Menteri Keuangan serta mantan Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional era Presiden Jokowi ini.

Baca Juga : Bertugas 10 Bulan Torehkan Prestasi, Kepala Kejaksaan Negeri Kota Batu Bergeser ke Yogyakarta

Sementara itu, Dirut PT SIER Didik Prasetiyono mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi ini. Penghargaan ini akan menjadi pemantik semangat seluruh jajaran SIER untuk mampu bekerja lebih baik dan keberlanjutan.

"Kami berharap, dengan komitmen dan kontribusi yang diberikan perusahaan yang terangkum dalam laporan berkelanjutan ini yang searah dengan tujuan pembangunan berkelanjutan atau sustainable development goals, dapat menjaga keberlangsungan hidup lingkungan serta masyarakat sekitar untuk masa depan yang lebih baik," katanya.

Didik juga menggarisbawahi komitmen SIER, dalam membangun kawasan industri yang modern dan berkelanjutan seperti yang disampaikan Bambang Brodjonegoro. SIER telah melakukan inovasi seperti penggunaan energi hijau melalui solar panel, pengolahan limbah yang efisien, dan manajemen air limbah yang terintegrasi.

"Penghargaan Silver Rank ini adalah cerminan dari komitmen PT SIER dalam mengintegrasikan prinsip-prinsip keberlanjutan, dalam setiap aspek operasional mereka dan merupakan motivasi untuk terus berinovasi demi menciptakan masa depan yang lebih berkelanjutan," pungkasnya.


Topik

Lingkungan PT SIER penghargaan untuk PT SIER Surabaya



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Yunan Helmy