Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Posting Informasi Hoaks Tentang Klithih, Remaja di Tulungagung Diamankan Polisi

Penulis : Anang Basso - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

08 - Nov - 2023, 15:07

Placeholder
Postingan dan IN remaja yang memposting keresahan di media sosial (Foto: Istimewa for Tulungagung Times)

JATIMTIMES - Gegara postingan di Facebook yang memberikan rasa takut pada masyarakat, seorang remaja di Tulungagung, diamankan polisi. 

Remaja asal salah satu desa di Wilayah Kecamatan Sumbergempol yang diketahui bernama IN (initial) didatangi anggota unit reserse Polsek Kalidawir, lantaran sengaja menyebar informasi hoaks di media sosial, Facebook.

Baca Juga : Memilih Jadi Dalang Cilik, Siswa SMP Muhammadiyah 2 Taman Ingin Kesenian Jawa Tidak Hilang

Saat dikonfirmasi, Aiptu Malik Jainudin anggota reserse, yang mendatangi rumah IN ini mengatakan bahwa postingan yang menyebar di group Kalidawir, meresahkan banyak orang.

Postingan ini, berbunyi "info dalan arah Joho jam 12 bengi kok Podo Gowo parang ati-ati aku mulih ngopi Arep dibacok sujokno Ra kenek ati-ati lek liwat Kono" (Info jalan Arah Joho, jam 12 malam ada (banyak) orang bawa Sajam, saya pulang ngopi melintas hendak dibacok, namun tidak kena hati-hati melintas disana).

Gegara postingan ini, media sosial menjadi heboh dan beberapa orang diantaranya mengadu ke polisi.

"Modusnya, menakuti agar tidak keluar malam dan disebarkan di group Kalidawir," kata Malik, Rabu (8/11/2023).

Meski bermaksud menakuti agar tidak keluar malam, netizen mengira postingan ini adalah kejadian nyata. Sehingga, timbul keresahan akibat informasi hoaks ini.

Atas keresahan ini, polisi turun tangan dan mencari akun atas nama Liu Sius yang kemudian diketahui milik IN.

"Kita kasih peringatan, besok kita minta agar meminta maaf agar masyarakat tenang kembali," ungkapnya.

Baca Juga : Remaja di Jombang Dikeroyok Anggota Perguruan Silat, 12 Orang Jadi Tersangka

Menurut keterangan Malik, IN sendiri ternyata masih di bawah umur. Sehingga, ia melakukan pembinaan agar tidak melakukan kembali hal yang tidak seharusnya dilakukan yakni menyebarkan informasi hoaks.

"Berita-berita yang disebar hoaks dan ketemu yang bersangkutan lalu kita amankan," ungkapnya.

Tampak dalam video yang berdurasi 52 detik ini, Aiptu Malik Jainudin meminta keterangan IN terkait niat ia memposting informasi hoaks. IN juga meminta maaf dalam rekaman video ini.

Isu Klithih, akhir-akhir ini memang telah menjadi bahasan di media sosial. Polres Tulungagung sejauh ini telah melakukan operasi skala besar dan memastikan tidak menemukan aksi atau aduan tentang Klithih ini.


Topik

Peristiwa Klithih berita hoaks tulungagung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anang Basso

Editor

Sri Kurnia Mahiruni