Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Komisi B DPRD Surabaya Minta Ada Penataan UMKM di Wilayah Kenjeran

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : Nurlayla Ratri

03 - Nov - 2023, 12:29

Placeholder
Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Hj. Luthfiyah, S.Psi

JATIMTIMES - Ketua Komisi B DPRD Surabaya, Hj. Luthfiyah, S.Psi menggelar Hearing (dengar pendapat) antara para pelaku UMKM dari wilayah Kenjeran dengan OPD Pemkot Surabaya. Dia meminta seluruh UMKM di wilayah itu harus tetap akur dan rukun dalam berdagang.

Hal itu dikatakannya ketika para pelaku UMKM dari wilayah Kenjeran sempat berselisih dan mengadu ke DPRD Surabaya terkait usaha dagangannya pasca renovasi.

Baca Juga : BPJamsostek dan DPR RI Sosialisasikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi Pekerja Informal di Nganjuk  

"Iya ini tadi ada pedagang yang mengadu masalah usahanya setelah penataan renovasi, katanya tidak boleh jualan seperti sebelumnya," katanya.

Menurut Luthfiyah, jika penataannya baru setelah renovasi maka ini disertai juga dilakukan dengan sebelum adanya renovasi. Artinya, harus disepakati tetap dapat jualan dengan tidak merubah usaha dagangannya.

"Kalau rukun sesama pedagang kan enak. Semisal yang satu jualan kopi lalu yang satunya jualan gado-gado. Kalau ada yang ingin beli gado-gado ya tolong pesankan di situ, begitu juga sebaliknya," ucapnya.

Sedangkan untuk menawarkan atau promosi dagangannya, Luthfiyah pun menghimbau kepada para pedagang agar tidak perlu mengajak para pengunjung, atau wisatawan ke warungnya hingga terkesan memaksa.

"Ga usah terlalu begitulah. Promosinya cukup saja dengan strategi sesuai menu yang tersedia di warungnya. Termasuk kenyamanan, makanan yang dijualnya itu dibuat enak, tidak terlalu mahal, kemudian pelayanannya cepat dan ramah," ujarnya.

Baca Juga : Usung Tema "Deverse", 289 Desainer Tampil di Malang Fashion Week 2023

"Tidak terkesan memaksa, agar tidak menimbulkan kecemburuan sosial antar sesama UMKM dan kebersihannya harus tetap dijaga," imbuhnya.

Luthfiyah pun mengingatkan, setiap UMKM harus saling membantu. Para OPD yang menaungi UMKM pun harus tetap berada di tengah untuk memastikan agar para pelaku UMKM tetap dapat berjualan seperti biasanya.

"Harus tetap rukun dan harus tetap saling membantu. Kita sebagai sesama manusia harus tetap menjaga hal itu," pungkasnya. 


Topik

Pemerintahan Surabaya Komisi B DPRD Surabaya UMKM Kenjeran



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

Nurlayla Ratri