Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Belum Satu Tahun Diaspal, Proyek Jasmas Anggota DPRD Provinsi Rusak

Penulis : Wisnu Bangun Saputro - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

15 - Sep - 2023, 20:04

Placeholder
Jalan aspal hasil jasmas DPRD Jatim rusak padahal belum satu tahun. (Wisnu Bangun Saputro/JatimTIMES)

JATIMTIMES - Jalan desa di Desa Patemon, Kecamatan Bungatan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dikeluhkan warga karena rusak parah, padahal baru 7 bulan selesai digarap. 

Menurut Kepala Desa Patemon, Mudhar, pembangunan jalan di desanya itu asal-asalan sehingga rusak belum waktunya. Padahal anggarannya lumayan besar yakni Rp 130 juta.

Baca Juga : Soal Konflik Rempang: PBNU Minta Pemerintah Dahulukan Musyawarah

"Baru beberapa bulan sudah rusak. Warga menuding jalan itu proyek desa, padahal bukan," ujar Mudhar, Jumat (15/9/2023).

Mudhar mengaku, pembangunan jalan desa itu bersumber dari dana hibah Jaring Aspirasi Masyarakat atau Jasmas yang dikerjakan oleh Kelompok Masyarakat Jaya Abadi.

"Saya tidak tahu menahu soal pembangunan jalan itu. Kalau sumber dananya dari jasmas," bebernya.

Bahkan, Mudhar mengaku sudah dipanggil Kejaksaan Negeri Situbondo, terkait dengan pembangunan jalan lokasi lapisan penetrasi atau lapen yang mulai rusak meski baru saja selesai dibangun.

"Empat hari yang lalu saya dipanggil kejaksaan, dimintai keterangan soal pembangunan jalan itu," aku Mudhar.

Sementara itu, Badrus Samsi, pengendara yang seringkali melintas di jalan tersebut mengeluhkan kondisi jalan yang rusak parah, padahal baru saja selesai dibangun. 

Baca Juga : Bak Film, Begini Kondisi Penyelamatan Para Korban Badai Daniel

"Jalan sudah banyak yang rusak, bahkan sudah berlubang. Jadi kalau lewat di sana harus hati-hati," ujarnya.

Dari pantauan wartawan Jatimtimes.com, jalan desa di Desa Patemon Kecamatan Bungatan bersumber dari dana hibah jasmas milik anggota DPRD Provinsi Jawa Timur dari Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB.

Dana hibah jasmas berupa pembangunan jalan desa yang dikeluhkan warga bukan hanya di Desa Patemon, namun juga di Desa Bungatan dan Selowogo Kecamatan Bungatan. Desa Gunung Malang Kecamatan Subo, Desa Trebungan dan Mlandingan Barat Kecamatan Mlandingan.

"Yang saya tahu, hampir semua jalan desa yang dibangun menggunakan dana hibah jasmas itu rusak parah, padahal belum satu tahun," imbuh Mudhar.


Topik

Politik Jalan Tusak jasmas dprd situbondo situbondo



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Wisnu Bangun Saputro

Editor

Sri Kurnia Mahiruni