Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Terima Laporan Air Tercemar Berwarna Kehitaman, Wali Kota Kediri Langsung Tinjau Lokasi

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

09 - Sep - 2023, 17:51

Placeholder
Wali Kota Kediri saat meninjau lokasi air tercemar.

JATIMTIMES - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar kembali meninjau lingkungan RT 05 RW 02 Kelurahan Tempurejo, Sabtu (9/9/2023). Hal ini setelah adanya laporan, air yang tercemar berwarna hitam pekat. Temuan tersebut terjadi di sumur rumah Sulastri. Bahkan air yang berwarna kehitaman ini berkobar ketika disulut api. 

"Tim dari DLHKP akan membawa air berwarna hitam ini ke ITS. Tujuannya untuk diteliti kandungan apa saja. Beberapa waktu lalu ITS sudah ambil sampel di sini dan kita sedang menunggu hasil pastinya," ujarnya.

Baca Juga : Cak Imin Batal Ziarah ke Makam Sunan Bonang, Waketum Ida Fauziah: Wasilah untuk Suksesi Perjuangan PKB

Abdullah Abu Bakar menjelaskan hasil sementara dari sampel air yang diteliti ITS, ditemukan adanya kandungan petrolium hidrokarbon. Dimana pada pengambilan sampel lalu total petrolium hidrokarbon (TPH) di rumah Semi sebesar 16,50, Sugiono 7, Sutiyah 14, Kasmini 7, dan sumur bor 14,5. Sementara untuk air yang berwarna hitam ini masih harus diteliti untuk mengetahui kandungannya. 

"Ini sudah ditemukan bahwa ini pencemaran bahkan airnya sudah semakin kental. Nanti akan diteliti lebih lanjut dan dicari sumbernya. Cara mencarinya ITS akan menggunakan geolistrik," jelasnya.

Wali Kota Kediri juga mengimbau kepada masyarakat sekitar agar tidak menggunakan air yang tercemar di lingkungannya. Pemerintah Kota Kediri akan terus memberikan air bersih kepada masyarakat. 

Setiap hari tim dari DLHKP akan mengisi tandon di depan rumah warga pada pagi dan sore. Air yang tercemar tidak boleh digunakan hingga ada hasil pasti dari penelitian tim ITS. Setelah sumber pencemaran diketahui Pemerintah Kota Kediri akan segera melakukan pemulihan. 

Baca Juga : Terpilih Aklamasi dalam Muscab, Sukarso Kembali Pimpin Pemuda Pancasila Kota Blitar

"Kita harus melindungi masyarakat. Saya harap Pertamina juga segera melakukan pengecekan terhadap air yang hitam ini. Jadi prosesnya ini akan tumbuh bersama. Semoga segera diketahui sumber pencemarannya dan kita akan pulihkan," pungkasnya.


Topik

Pemerintahan wali kota kediri air tercemar pemkot kediri



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana