Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Cak Imin Batal Ziarah ke Makam Sunan Bonang, Waketum Ida Fauziah: Wasilah untuk Suksesi Perjuangan PKB

Penulis : Ahmad Istihar - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

09 - Sep - 2023, 14:38

Placeholder
Waketum PKB yang juga Menaker RI Ida Fauziah dengan rombongan saat tiba di kompleks Makam Sunan Bonang Tuban (09/09/2023) (Foto: Ahmad Istihar/ JatimTIMES)

JATIMTIMES -Tirakatan bertajuk Tour de Wali Songo ke Makam Sunan Bonang di Tuban oleh Rombongan kader Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tanpa diikuti Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar.

Dalam rombongan ziarah hanya terlihat Waketum PKB Ida Fauziyah yang juga Menteri Ketenagakerjaan (Menaker).

Baca Juga : Ridwan Kamil-Mahfud MD Diisukan Dibahas di Pertemuan Parpol Pro Ganjar, Ini Faktanya

 

Informasi yang dihimpun, Makam Sunan Bonang menjadi perhentian pertama Tour de Wali Songo di Jawa Timur. Ida menyebutkan bahwa banyak teladan perjuangan dakwah dari Sunan Bonang.

"Beliau mampu mengkombinasikan dakwah dengan semangat dan budaya. Saya kira banyak jalan dilakukan dalam berdakwah diantaranya melalui seni dan budaya, beliau juga seorang wali yang mampu menemukan perbedaan-perbedaan antar agama dalam hubungan kemasyarakatan yang sangat indah, meskipun perbedaan agama ada," kata Ida kepada wartawan di Kompleks Makam Sunan Bonang, Sabtu (9/9/2023).

Ditambahkan Ida Fauziyah kegiatan ziarah merupakan tradisi di PKB. Selain itu, Ziarah kali ini tentunya untuk meneladai perjalanan baik dari para wali.

Lanjutnya, Rombongan PKB selalu mendoakan perjalanan politik dari Cak Imin untuk menjadi wakil presiden dapat berjalan lancar.

"Tentu kita juga biwasihlatih para wali, dengan wasilah para wali kita mohon dimudahkan seluruh perjuangan PKB bil khusus perjuangan Ketua Umum DPP PKB dalam hal ini Gus Muhaimin Iskandar," tutupnya.

Di sisi lain, batalnya Cak Imin mengikuti Tour de Wali Songo ke Makam Sunan Bonang di Tuban oleh Ketua Fraksi PKB DPR RI, Cucun Ahmad Syamsurijal mengungkapkan bahwa Cak Imin berhalangan hadir di Tuban dikarenakan ada suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan di Jakarta. 

Baca Juga : Ribuan Santri Jawa Timur Nonton Langsung Laga Timnas Indonesia vs Turkmenistan di GBT

 

"Kami mewakili beliau menyampaikan salam kepada mbah wali kanjeng Sunan, mohon doanya perjalanan beliau, perjuangan beliau pengorbanan beliau yang dijalankan ini mendapatkan keridhoan dari Allah SWT," ucap Cucun Ahmad Syamsurijal. 

Cucun sapaan pendeknya menambahkan, agenda tersebut dalam rangka Tour De Walisongo dijadwalkan dari tanggal 8 hingga 9 September 2023, dimulai dari Jakarta, Cirebon, Demak, Kudus, Tuban, Lamongan, Gresik, Surabaya. 

"Alasan kenapa Gus Imin tidak bisa ikut hari ini, di Jakarta tidak bisa ditinggalkan, sekarang nyambung di Sunan Drajat Lamongan atau di Gresik," kata Cucun. 

Diketahui, Cak Imin berada di Jakarta dan langsung terbang ke Surabaya,untuk mengikuti titik terakhir dari agenda Tour De Walisongo yakni di Makam Sunan Ampel.(*)


Topik

Politik Cak Imin Muhaimin Iskandar PKB tour de walisongo sunan bonang ziarah wakil presiden makam sunan ampel



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ahmad Istihar

Editor

Sri Kurnia Mahiruni