Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Seskab Pramono Tanggapi Proposal Perdamaian Ukraina-Rusia dari Prabowo: Pasti Ada Niat Baik

Penulis : Mutmainah J - Editor : Nurlayla Ratri

07 - Jun - 2023, 11:27

Placeholder
Seskab Pramono Anung dan Prabowo Subianto. (Foto dari internet)

JATIMTIMES - Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung angkat bicara soal proposal perdamaian Ukraina-Rusia yang disampaikan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Menurut Pramono, di balik penyampaian proposal perdamaian itu tersimpan niat baik Prabowo kepada dua negara itu.

Baca Juga : Mengenal Miqat dalam Ibadah Haji dan Umrah, Ada Aturan Khusus Lokasinya

"Yang pertama apa yang disampaikan Menteri Pertahanan di dalam forum official yang kemudian mendapatkan tanggapan, baik dari Ukraina maupun Rusia tentunya harus dilihat dalam perspektif yang positif," kata Pramono di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (7/6/2023).

"Saya yakin bahwa Pak Prabowo menyampaikan itu pasti dengan niat baik," imbuhnya.

Selanjutnya Pramono meyakini jika Prabowo berpegangan pada kebijakan Jokowi terkait hal itu. Menurutnya, Jokowi memanggil Prabowo untuk berdiskusi perihal proposal tersebut.

"Nah karena turunan dari kebijakan yang sudah diambil oleh Presiden, kebetulan saya mendampingi ketika Presiden ke Ukraina maupun ke Rusia, itu lah yang menjadi pegangan. Nah karena ini menjadi polemik di ruang publik, Presiden sudah menyampaikan beliau akan memanggil dan berdiskusi dengan Pak Prabowo mengenai hal tersebut," tutur Pramono.

Lebih jauh Pramono menegaskan bahwa semua menteri Kabinet Indonesia Maju pasti berniat baik.

"Ya nanti antara Pak Presiden dengan Pak Prabowo, tetapi saya yakin seyakin-yakinnya lah bahwa para menteri kita dalam usulan proposal seperti itu pasti niatnya baik," kata dia.

Sementara sebelumnya, Jokowi dikabarkan akan memanggil Prabowo untuk menanyakan soal proposal perdamaian Ukraina-Rusia. Jokowi ingin meminta penjelasan perihal tersebut.

"Itu dari Pak Prabowo sendiri, tapi saya belum bertemu dengan Pak Prabowo," kata Jokowi menjawab pertanyaan wartawan usai Rakernas PDIP di Sekolah PDIP, Lenteng Agung, Jakarta, Selasa (6/6/2023).

Baca Juga : Viral Pria Misterius Berpakaian Wanita di Coban Glotak, Mengaku Sedang Punya Masalah Pribadi

"Mungkin hari ini atau besok akan saya undang untuk meminta penjelasan mengenai apa yang Pak Menhan sampaikan," kata Jokowi.

Sebagai informasi, Prabowo menyampaikan saran rencana perdamaian Ukraina-Rusia tersebut pada acara International Institute for Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 20th Asia Security Summit di Singapura, Sabtu (3/6) lalu. 

Prabowo punya lima saran, yakni gencatan senjata, saling mundur 15 km, membentuk pasukan pemantau dan menyarankan PBB diterjunkan di sepanjang zona demiliterisasi, pasukan pemantau terdiri dari negara-negara yang disepakati kedua pihak, dan melakukan referendum.

"Setidaknya, mari kita coba ajukan beberapa rekomendasi konkret sehingga pertemuan seperti Dialog Shangri-La akan memiliki substansi dan makna yang lebih," kata Prabowo, dilansir AFP.

Menurut Juru bicara Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak, Prabowo Subianto akan tetap aktif mendorong perdamaian dunia dengan mengusung politik bebas aktif. Prabowo, kata dia, akan mengupayakan segala hal untuk perdamaian dunia.

"Segala upaya untuk perdamaian dunia kita lakukan termasuk menyampaikan berbagai bentuk proposal dialog dan perdamaian dunia, terlepas apakah disetujui atau tidak, Menhan akan terus menyuarakan resolusi damai bukan hanya untuk Rusia dan Ukraina yang sedang berkonflik juga di belahan dunia lainnya, termasuk potensi-potensi konflik dan perang yang bisa mengganggu perdamaian," kata Dahnil saat dikonfirmasi, Minggu (4/6/2023).


Topik

Peristiwa Prabowo proposal perdamaian rusia ukraina Pramono anung



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Mutmainah J

Editor

Nurlayla Ratri