Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Politik

Respons Bawaslu Usai Viral Relawan Ganjar Libatkan Bocah SD hingga Gereja 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : Yunan Helmy

04 - Jun - 2023, 13:15

Anak SD diduga dilibatkan dalam deklarasi capres Ganjar Pranowo di Lampung. (foto: Twitter)
Anak SD diduga dilibatkan dalam deklarasi capres Ganjar Pranowo di Lampung. (foto: Twitter)

JATIMTIMES - Belum lama ini, beredar foto-foto di media sosial yang menarasikan bocah SD di Lampung dilibatkan dalam kampanye dukungan kepada bakal calon presiden (bacapres) 2024 Ganjar Pranowo. Narasi dan foto-foto tersebut kali pertama diunggah oleh akun @PartaiSocmed. 

Usai narasi dan bukti foto-foto itu viral, Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) RI pun memberikan respons melalui cuitan di akun Twitter-nya. 

Baca Juga : Merasa Dikriminalisasi, Denny Indrayana: Instrumen Hukum Disalahgunakan untuk Bungkam Sikap Kritis dan Oposisi

"Terima kasih informasinya Sahabat @PartaiSocmed. Boleh diinfo lokasinya di mana? Kami akan koordinasikan lebih lanjut dengan pihak/lembaga yang fokus di isu anak. Terima kasih telah ikut mengawasi bersama," tulis @bawaslu_RI. 

Menanggapi hal itu, akun @PartaiSocmed memberikan alamat lengkap sekolah yang terlibat dalam deklarasi tersebut.

"Sekolah Islam Terpadu INSAN TAQWA. Dusun Bangun Rejo, Sidosari, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung. Kode Pos 35142." jawab @partaisocmed.

Lantas Bawaslu pun menanggapi dengan ucapan terima kasih dan mengaku siap mengoordinasikan dengan pihak atau lembaga yang fokus pada isu anak. 

"Baik Sahabat, akan kami tampung lokasinya, dan akan dikoordinasikan lebih lanjut dengan pihak/lembaga yang fokus di isu anak ya. Terima kasih telah ikut mengawasi bersama," ujar akun Bawaslu.

Sementara itu, Bawaslu Lampung juga secara langsung menanggapi narasi akun Partai Socmed.  "Mohon izin, sudah kita instruksikan dan sedang dilakukan penelusuran kepada Bawaslu setempat untuk segera dilaporkan ke Bawaslu provinsi," tulis akun @BawasluLampung_. 

Lantas, beberapa netizen pun meminta agar Bawaslu meng-update perkembangan soal kampanye dukungan terhadap Ganjar Pranowo yang melibatkan anak SD di Lampung. "Mohon update terus perkembangannya," ujar @PartaiSosmed. 

Selain sekolah, PartaiSocmed juga membagikan foto surat undangan dari persatuan gereja di wilayah Sulawesi Bagian Utara dan Tengah. Dalam surat itu tertulis undangan ibadah Kenaikan Yesus Kristus yang dirangkaikan dengan tatap muka bersama Ganjar Pranowo.

"Yg ini lebih alus," tulis @PartaSocmed sembari membagikan undangan. 

Hingga berita ini diturunkan, belum ada tanggapan resmi dari pihak relawan maupun Ganjar Pranowo. 

Sebelumnya, viral foto-foto yang menunjukkan acara deklarasi relawan untuk Ganjar Pranowo yang melibatkan sekolah dan anak-anak SD.  "Tolooong, urusan dukung mendukung copras-capres jangan melibatkan sekolah dan anak2 SD!!," tulis akun PartaiSocmed.

Baca Juga : Kader Muda PDIP Bicara Koalisi Pelangi: Merah Kuning Hijau di Langit yang Biru

Bukan hanya melibatkan anak sekolah. Bahkan disebutkan guru-guru juga dipaksa menjadi panitia dalan deklarasi dukungan kepada Ganjar Pranowo tersebut. 

"Sudah gitu guru2nya dipaksa jadi panitia tanpa diberi makan dan minum sama sekali pula! Cc @bawaslu_RI," imbuh cuitan akun PartaiSocmed dengan mengunggah foto-foto bukti.

Dalam salah satu foto terlihat anak-anak menggunakan seragam hijau berada di atas panggung. Panggung dalam foto itu tampak ada tulisan banner "Peringatan Lahir Pancasila Deklarasi Relawan Lampung....". Selain tulisan, di banner tersebut juga terdapat gambar bakal calon presiden 2024 Ganjar Pranowo. Di foto ini juga terlihat tempat duduk dipenuhi dengan anak-anak yang memakai kaus nunasa merah.

Di foto lainnya, juga tampak beberapa perempuan yang menjadi panitia. Panitia tersebut bertugas memberikan kaus bernuansa merah dan bertuliskan "Ganjar siji, Ganjar kabeh - Ganjar Pranowo Presiden 2024". 

Tak hanya itu. Warga yang datang dalam deklarasi ini juga mendapatkan selebaran stiker bertuliskan "Calon anggota DPD RI Tulus Purnomo".

 Selain itu, di foto lainnya juga terlihat acara deklarasi tersebut dilakukan di halaman gedung sekolah, diduga berada di Sekolah Islam Terpadu Insan Taqwa, Lampung. 
 


Topik

Politik Ganjar Pranowo relawan Ganjar Pranowo deklarasi bacapres deklarasi bacapres libatkan anak


Bagaimana Komentarmu ?


JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

Yunan Helmy