Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Bupati Blitar : Kepala Sekolah Harus Jadi Lokomotif Sistem Pendidikan

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : A Yahya

26 - May - 2023, 12:41

Placeholder
Bupati Blitar Rini Syarifah menyampaikan sambutan di agenda penyerahan SK 221 kepala sekolah.(Foto : Aunur Rofiq/JATIMTIMES)

 JATIMTIMES - Sektor pendidikan menjadi prioritas pembangunan Pemkab Blitar di bawah kepemimpinan Bupati Rini Syarifah. Terkini, Bupati Rini Syarifah menyerahkan surat keputusan penugasan Guru sekolah di Kabupaten Blitar, Jumat (26/5/2023). Dengan penyerahan SK ini, Rini ingin kualitas pelayanan pendidikan di Kabupaten Blitar semakin optimal.

Penyerahan surat keputusan penugasan Guru sekolah dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar di Pendapa Agung Ronggo Hadi Negoro. Total ada 221 guru sekolah tingkat SD dan SMP yang menerima SK penugasan sebagai kepala sekolah dari Bupati Blitar Rini Syarifah. Hadir dalam agenda ini Sekda Kabupaten Blitar Izul Marom, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Blitar Adi Andaka,Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Blitar, dan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Raih WTP 12 Kali, Wali Kota Malang Tak Ingin Jajarannya Kendur

Dalam sambutanya, Bupati Rini Syarifah meminta kepada para guru yang diangkat sebagai Kepala Sekolah Dasar (SD) maupun Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Blitar, agar memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai seorang pemimpin. Bupati juga meminta seluruh kepala sekolah yang baru menerima SK agar bertanggung jawab dan sekaligus sebagai lokomotif dari ekosistem pendidikan di masing-masing sekolah.

“Kepala sekolah harus menjadi pemimpin yang visioner, inspiratif dan berkomitmen. Seorang kepala sekolah harus mampu menciptakan iklim pendidikan yang kondusif, membangun tim pengajar yang solid dan menggalang kerjasama dengan semua pihak terkait,” kata bupati yang akrab disapa Mak Rini.

Orang nomor satu di Kabupaten Blitar menambahkan, seorang kepala sekolah harus mampu memahami dan mengatasi tantangan yang dihadapi dunia pendidikan. Melihat situasi ini, Mak Rini meminta agar seluruh kepala sekolah proaktif dalam mengadopsi inovasi dan menciptakan strategi yang relevan untuk mempersiapkan generasi emas yang siap menghadapi masa depan.

“Teknologi terus berkembang, dinamika sosial terus berubah dan kebutuhan siswa pun semakin beragam. Untuk itu saya minta bapak dan ibu kepala sekolah untuk inovatif dan kreatif. Kepala sekolah juga harus bekerjasama dengan staf pengajar, orang tua dan masyarakat. Pendidikan bukanlah tanggung jawab satu orang atau institusi, tetapi merupakan tanggung jawab kita bersama,” tegasnya.

Lebih lanjut dalam sambutannya Mak Rini menyampaikan sejumlah pesan penting untuk seluruh guru yang baru saja menerima SK kepala sekolah. Salah satu pesan penting itu agar seluruh kepala sekolah baru bisa menjaga amanah dan tanggung jawab.

“Panjenengan semua menjadi yang terpilih dan harus bisa menjaga amanah dan tanggung jawab untuk memimpin dimana panjenengan ditempatkan,” tandas Mak Rini.

Baca Juga : Sensus Pertanian Ke-7 Digelar BPS Sidoarjo Selama Dua Bulan

Pesan penting lainya, Mak Rini mengingatkan agar seluruh kepala sekolah baru cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja yang baru.

“Dan saya minta panjenengan segera beradaptasi dengan tempat tugas yang baru. Pelajari lingkungan sekitar, buat langkah-langkah perubahan nyata menuju ke arah yang lebih baik, bersiap untuk keluar dari zona nyaman, out of the box dan hadirkan inovasi kreatifitas,” pungkasnya.

 


Topik

Pemerintahan kabupaten blitar rini syarifah mak rini



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

A Yahya