Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Pj Wali Kota Batu Serahkan BPNT Gelombang Pertama untuk 121 Kepala Keluarga

Penulis : Tubagus Achmad - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

01 - Apr - 2023, 06:14

Placeholder
Penjabat Wali Kota Batu Aries Agung Paewai bersama perwakilan Kantor Pos Indonesia Cabang Kota Batu menyerahkan secara simbolis BPNT kepada KPM di Kota Batu, Jumat (31/3/2023). (Foto: Dok. Prokopim Setda Kota Batu)

JATIMTIMES - Penjabat (Pj) Wali Kota Batu Aries Agung Paewai menyampaikan, dalam triwulan pertama tahun 2023 ini, terdapat 121 kepala keluarga di Kota Batu yang menerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dari Kementerian Sosial RI. 

"Untuk triwulan I ini sesuai rencana akan ada 121 Kepala keluarga penerima bansos sembako sebesar Rp 600 ribu per kepala keluarga," ujar Aries, Jumat (3/1/2023). 

Baca Juga : Pemkot Batu Canangkan Pekarangan Pangan Lestari

Pihaknya mengatakan, bahwa dalam peyaluran BPNT, pemerintah pusat telah menjalin kerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk melakukan skema pengiriman kepada keluarga penerima manfaat. 

Oleh karena itu, pihaknya pun turun langsung ke rumah empat penerima BPNT dari pemerintah untuk menyerahkan secara simbolis BPNT dari pemerintah pusat bersama perwakilan Kantor PT Pos Indonesia Cabang Kota Batu. 

BPNT.

Keempat penerima BPNT dari Kementerian Sosial RI tersebut tersebar di beberapa desa/kelurahan. Di antaranya di Kelurahan Ngaglik, Desa Pesanggrahan, Desa Mojorejo, dan Desa Pandanrejo. 

"Pemerintah memastikan bantuan sosial yang diberikan baik dari pusat maupun daerah diterima dengan dan tepat sasaran," ujar Aries. 

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kota Batu Ririk Mashuri mengatakan, bahwa BPNT merupakan bantuan sosial dari Kementerian Sosial RI yang disalurkan setiap bulan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) melalui PT Pos Indonesia. 

Baca Juga : Tinjau Sejumlah Titik Longsor, Bupati Jember Lakukan Perbaikan dan Imbau Warga untuk Waspada

Dalam kondisi saat ini, pemerintah melakukan penyesuaian penerima, besaran, dan waktu diterimanya manfaat, agar bantuan sosial yang diberikan menjadi tepat guna. "Alhamdulilah, kegiatan ini diapresiasi oleh Pj. Wali Kota Batu, sasarannya adalah penerima program BPNT," kata Ririk. 

Pihaknya menjelaskan, bahwa untuk penyaluran BPNT dilakukan secara bertahap. Di mana masing-masing KPM akan menerima BPNT sebesar Rp 200 ribu untuk setiap bulannya dan dibayarkan sekaligus untuk tiga bulan. Yakni mulai Januari-Maret 2023 dengan total nilai Rp 600 ribu. 

"Untuk saat ini, batch 1 adalah 121 KPM. Nantinya akan dilaksanakan pendistribusian secara bertahap batch 2, batch 3, dan seterusnya selama bulan Ramadan hingga mencapai seluruh penerima program BPNT, yaitu 4.327 KPM," tandas Ririk. 


Topik

Pemerintahan Pemkot Batu kota batu bpnt bantuan pangan non tunai



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Tubagus Achmad

Editor

Sri Kurnia Mahiruni