Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Tinjau Sejumlah Titik Longsor, Bupati Jember Lakukan Perbaikan dan Imbau Warga untuk Waspada

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

31 - Mar - 2023, 19:59

Placeholder
Bupati Jember bersama Muspika SIlo saat meninjau lokasi rawan longsor di jalan menuju Desa Pace (foto : infokom / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Pada pelaksanaan Jember Berbagi (J-Berbagi) di Kecamatan Silo, Bupati Jember Hendy Siswanto meninjau sejumlah titik perbaikan infrastruktur. Mulai meninjau normalisasi saluran air di Dusun Baban Tengah, meninjau longsor di Dusun Baban Timur, hingga meninjau penggarapan Box Culvert pada poros Silosanen-Pace.

“Seperti kita tahu, jalan di sini memang agak sedikit curam,” papar Hendy dalam sesi wawancara. 

Baca Juga : Intens Ajak Berbagi, Bupati Jember Optimis Rakyat Makmur dan Sejahtera

Sementara itu, akses jalan di lokasi hanya satu. Hendy menerangkan, perbaikan-perbaikan tersebut memang harus disegerakan untuk melancarkan aktivitas warga sekitar.

Menurut Hendy, sebenarnya kondisi jalan sudah bagus. Namun, karakter tanah yang dinilai kurang bagus mengakibatkan adanya kelongsoran. “Tanah di sini lempung, keras saat kemarau. Sedangkan sangat mudah rontok kalau hujan,” lanjutnya.

Pada titik ketiga misalnya, yakni penggarapan box culvert pada poros Silosanen-Pace. Hendy menambahkan bahwa pihaknya membuatkan saluran air pada salah satu titik longsor dengan menggunakan box culvert yang melintang di jalan. “Ini menjadi salah satu cara mengatasi longsor,” paparnya.

Harapannya, dengan adanya wilayah seperti ini, pihaknya berharap adanya dukungan dari pihak Perhutani dan PTPN terkait dengan perbaikan infrastruktur lokasi tersebut. “Jika kami mengamankan soal longsoran, mohon bisa disupport tentang lahan-lahan yang berada di wilayah Perhutani maupun PTPN,” ucapnya.

Baca Juga : Tilap Mobil Pikap, Pria Asal Ngunut Ditangkap

Lebih lanjut, Hendy juga mengimbau setiap warga sekitar yang melintas untuk berhati-hati. Terutama saat kondisi sedang hujan. “Harus berhati-hati betul karena ada potensi longsor disertai bebatuan di sejumlah titik,” tegasnya.

Jika ada indikasi atau adanya longsoran di kemudian hari, Hendy mengajak setiap warga untuk segera melapor. Bisa ke perangkat desa atau camat setempat. Nantinya, tim reaksi cepat dari PU Bina Marga Jember bersama dengan tim lain bakal segera melakukan perbaikan jalan.


Topik

Pemerintahan bupati jember jember berbagi hendy siswanto perbaikan jalan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana