Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

Karang Cerita Temukan Bayi di Hutan Jati, Siasat Ayah Kandung Tutupi Aib Miliki Anak di Luar Nikah

Penulis : Aunur Rofiq - Editor : Dede Nana

31 - Mar - 2023, 19:49

Placeholder
Bayi laki-laki yang ditemukan di dekat hutan jati dibawa ke RSUD Ngudi Waluyo Wlingi.(Foto : Humas Polres Blitar)

JATIMTIMES - Tak butuh waktu lama bagi polisi untuk mengungkap kasus pembuangan bayi yang ditemukan di hutan jati di wilayah Kecamatan Doko. Dari kasus ini polisi memastikan Uji Pangestu sebagai pelaku utama pembuangan bayi. Uji adalah orang pertama yang mengaku menemukan bayi dan melapor ke polisi.

Dari penyelidikan terungkap Uji Pangestu mengarang cerita usai membuang bayi hasil hubungannya dengan sang pacar. Peristiwa tersebut terjadi pada Rabu, 29 Maret lalu. Pria asal Kecamatan Wlingi bernama Uji Pangestu berpura-pura menemukan bayi laki-laki di pinggir jalan dekat hutan jati masuk wilayah Desa Plumbangan, Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar.

Baca Juga : Perluas Jaringan Usaha, Yatim Mandiri Optimis Mampu Ciptakan Ribuan Enterpreneur Muda

Setelah pura-pura menemukan bayi, Uji membawa pulang bayi itu dengan harapan orang tuanya mau merawat bayi tersebut. Tak diduga keluarga justru melaporkan temuan itu ke polisi. Dari hasil pemeriksaan terungkap fakta mengejutkan dari handphone milik Uji. Bayi laki-laki tersebut adalah anak kandung Uji yang dilahirkan sang pacar di sebuah rumah sakit di Kota Blitar.

"Saat pemeriksaan, penyidik menemukan bukti bahwa di handphone penemu bayi ini ada dokumen dan foto bersama pacarnya. Dari sini kemudian terungkap fakta bahwa bayi tersebut adalah anaknya sendiri," jelas Kasat Reskrim Polres Blitar AKP Tika Pusvita Sari, Jumat (31/3/2023).

Tak lagi bisa bersembunyi, Uji kemudian berkata jujur kepada penyidik. Dijelaskan dia bahwa bayi tersebut lahir pada 27 Maret lalu. Usai dilahirkan  dia memiliki beberapa rencana untuk bayi tersebut. Rencana pertama menyerahkan kepada panti asuhan. Sementara rencana kedua, dia merekayasa seolah-olah bayi tersebut ditemukan di jalan dan kemudian akan dibawa pulang untuk dirawat.

Namun sayang, rencana pertama menyerahkan bayi itu ke panti asuhan gagal. Dia kemudian bersiasat untuk melakukan rencana kedua dengan cara merekayasa penemuan bayi tersebut.

Baca Juga : Ingin Menikmati Menu Tradisional Oesing dan Nuansa Islami di Banyuwangi? Belum Lengkap kalau Belum ke Warung Ini

"Uji Pangestu menjalankan rencana kedua. Dia mengarang cerita seolah-olah menemukan bayi di pinggir jalan saat berkendara," imbuh Tika.

Bayi bernasib malang itu kini masih menjalani perawatan di RSUD Ngudi Waluyo Wlingi. Sementara kasus ini ditangani Unit PPA Sat Reskrim Polres Blitar. ”Kami dari kepolisian masih terus melakukan penyelidikan lebih lanjut. Kasus dalam penanganan Unit PPA,” pungkas Tika.


Topik

Peristiwa pembuangan bayi bayi dibuang berita blitar



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Aunur Rofiq

Editor

Dede Nana