Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Peristiwa

Surati Menpora, Gubernur Wayan Koster Tolak Timnas Israel Main di Bali 

Penulis : Binti Nikmatur - Editor : A Yahya

21 - Mar - 2023, 18:51

Placeholder
Surat Gubernur Bali I Wayan Koster yang isinya menolak Timnas Israel bertanding di Bali. (foto: Instagram)

JATIMTIMES - Belakangan ini, ada beberapa polemik yang terjadi pada persiapan Piala Dunia U-20 yang akan berlangsung di Indonesia. Itu terjadi lantaran banyak kalangan yang menolak keikutsertaan Timnas Israel dalam ajang tersebut. 

Salah satu yang menolak timnas Israel adalah Gubernur Bali I Wayan Koster yang isinya menolak Timnas Israel bertanding di Bali. 

Baca Juga : Ratusan Umat Hindu Kota Malang Arak Ogoh-Ogoh Jelang Hari Raya Nyepi

Dalam surat bernomor T.00.426/11470/SEKRET yang ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali tersebut, Wayan Koster menyebutkan dua alasan menolak Timnas Israel. Yang pertama, ketidaksesuaian kebijakan politik Israel dan Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional. Kedua, Indonesia dan Israel tidak memiliki hubungan diplomatik.

Berikut ini isi surat Gubernur Bali I Wayan Koster yang ditujukan kepada Menpora. 

Bersama ini dengan hormat disampaikan, sebagaimana tertuang dalam Keputusan Presiden RI Nomor 19 Tahun 2020 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan FIFA U-20 World Cup Tahun 2021, dilanjutkan dengan Keputusan Presiden RI Nomor 22 Tahun 2022 tentang Panitia Nasional Penyelenggaraan Federation Internationale De Football Association Under 20 World Cup Tahun 2023, yang menetapkan 6 provinsi sebagai tempat pelaksanaan FIFA U-20, yaitu: 1) DKI Jakarta; 2) Sumatera Selatan; 3) Jawa Barat; 4) Jawa tengah; 5) Jawa Timur; dan 6) Bali.

Penyelenggaraan Piala Dunia Sepakbola FIFA U-20 Tahun 2023, direncanakan berlangsung pada tanggal 20 Mei-11 Juni 2023, yang diikuti oleh 24 negara. Menurut informasi yang kami terima, bahwa tim dari negara Israel menjadi peserta yang akan mengikuti Piala Dunia FIFA U-20.

Berkenaan dengan keikutsertaan tim dari negara Israel, kami menyampaikan sudut pandang bahwa kebijakan politik Israel terhadap Palestina yang tidak sesuai dengan kebijakan politik pemerintahan Republik Indonesia, yang sampai saat ini masih menjadi masalah serius politik regional, serta tidak adanya hubungan diplomatik antara pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah Israel.

Baca Juga : Viral, Ardhito Pramono Ngamuk Saat di Bar Malang hingga Lempar Gelas 

Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon agar Bapak Menteri mengambil kebijakan untuk melarang tim dari negara Israel ikut bertanding di Provinsi Bali. Kami, pemerintah Provinsi Bali menyatakan menolak keikutsertaan tim dari negara Israel untuk bertanding di Provinsi Bali. Hal ini dilakukan untuk menghormati hubungan diplomatik antara Pemerintah Republik Indonesia dengan pemerintah negara lain di dunia, khususnya yang berkaitan dengan Israel.

Demikian permohonan disampaikan, semoga Bapak Menteri berkenan untuk mempertimbangkan dengan bijaksana terhadap posisi dan sikap kami. Atas pertimbangan dan perkenan Bapak Menteri, kami mengucapkan terima kasih.


Topik

Peristiwa Piala dunia u 20 timnas Israel gubernur Bali i Wayan Koster



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Binti Nikmatur

Editor

A Yahya