Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Pemerintahan

Desa Wisata di Jatim Mampu Tarik Puluhan Ribu Wisatawan Mancanegara

Penulis : M. Bahrul Marzuki - Editor : A Yahya

18 - Mar - 2023, 09:40

Placeholder
Gubernur Khofifah saat melakukan Kick Off Program Klinik BUM Desa dan Akademi Desa Wisata 2023

JATIMTIMES - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa resmi melakukan Kick Off Program Klinik BUM Desa dan Akademi Desa Wisata 2023. Kegiatan ini diyakini efektif untuk membuka spektrum baru pengembangan desa mandiri di Jawa Timur.

Menurut Khofifah, sebuah desa jika sudah  dikategorikan sebagai desa mandiri maka support dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi akan berkurang bahkan bisa zero.

Baca Juga : Peringati HUT Tagana Ke 19, Pemkot Kediri Bantu Penyandang Disabilitas dan Korban Kebakaran

"Sesungguhnya kita tidak hanya menarget Desa Mandiri makin banyak, tapi desa yang sudah mandiri itu harapan kita akan menemukan spektrum baru meluaskan jejaring produk-produk kreatif mereka sehingga mandiri dan produktif," kata Gubernur Khofifah.

Sementara itu Dwi Ariyadi Kusuma Pelaksana Program Akademi Desa Wisata menjelaskan sektor pariwisata di Jawa Timur terus menggeliat usai dihantam pandemi Covid-19 dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini juga sejalan dengan perkembangan yang baik di level nasional.

"Percepatan pembangunan ekonomi di sektor pariwisata pasca pandemi Covid-19 serta pemberhentian PPKM menunjukkan trend positif pada peningkatan aktivitas pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar pria yang akrab disapa Ari itu, Jumat (17/3/2023).

Ari menjelaskan, keberadaan Desa Wisata di Jawa Timur juga memberikan kontribusi pada peningkatan kunjungan wisatawan di Indonesia. Tercatat 45.660 kunjungan wisatawan mancanegara dan 52.731.514 kunjungan wisatawan nusantara dalam aktivitas tourism di provinsi Jawa Timur tahun 2022.

Ia melanjutkan, produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sektor pariwisata Jawa Timur sepanjang 2022 pun terus mengalami peningkatan secara signifikan. Berangkat dari kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Jawa Timur menjadikan kepariwisataan sebagai salah satu fokus program prioritas.

"Melalui Program Klinik BUM Desa dan Dewi Cemara (Desa Wisata Cerdas, Mandiri, dan Sejahtera) untuk mendorong peningkatan ekonomi Jawa Timur yang berbasis di desa," tutur Ari.

Baca Juga : Tingkatkan Perekonomian, Pemkot Malang Dukung Tumbuhnya Investasi

Direktur KIP Foundation ini mengatakan, adapun pelaksanaan Demi Dewi tahun ini bertujuan untuk memberi penguatan pada sektor kelembagaan, manajemen tata kelola destinasi, dan pengembangan ekonomi kreatif di desa wisata.

Pada tahun 2023, Demi Dewi diikuti oleh 147 desa wisata dan sekitar 400 pelaku serta pegiat desa wisata. Demi Dewi kali ini menghadirkan pemateri yang sungguh luar biasa yang telah memiliki segudang pengalaman dan prestasi pada bidangnya masing-masing.

"Para peserta yang telah mengikuti rangkaian program Akademi Desa Wisata berkesempatan dipilih menjadi 4 Desa Wisata yang akan menerima paket bantuan dari SAMPOERNA UNTUK INDONESIA berupa penyaluran inovasi produk wisata baru, pembuatan eksklusif video profil desa wisata, dan pendampingan secara intensif selama 3 bulan," pungkas alumnus FISIP Unair itu.


Topik

Pemerintahan Khofifah indar parawansa akademi desa wisata 2023 gubernur Jatim klinik bum desa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

M. Bahrul Marzuki

Editor

A Yahya