Jatim Times Network Logo
Poling Pilkada 2024 Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Poling Pilkada 2024
Kesehatan

Radang Tenggorokan dan Flu Masal Kembali Mewabah, Berikut 4 Tips Meredakannya!

Penulis : Nadia Azzahro Sanad - Editor : Yunan Helmy

10 - Mar - 2023, 22:30

Placeholder
Sakit tenggorokan. (Sumber : darya-varia.co)

JATIMTIMES - Belakangan ini, banyak orang yang terkena kembali radang tenggorokan dan flu secara tiba-tiba. Hal tersebut dikarenakan pergantian hawa dan musim dari musim dingin menjadi musim panas atau yang disebut musim pancaroba.

Radang tenggorokan ini dapat dirasakan saat menelan sesuatu dan juga berbicara, yaitu nyeri pada tenggorokan yang sedang kering. Kemudian sakit tenggorokan ini bisa infeksi dan menimbulkan penyakit lainnya seperti pilek dan flu.

Baca Juga : Butuh Kerja? Begini Cara Mendapatkan Informasi Lowongan Kerja

 

Radang tenggorokan dan flu ini dapat menular. Berikut 4 tips meredakannya sebelum terasa parah.

1. Istirahat

Seseorang yang terkena radang tenggorokan dan flu seharusnya mengistirahatkan tubuh dan suaranya agar tidak semakin parah. Tidur dengan waktu yang cukup bisa sedikit meredakan rasa sakitnya. Sedangkan jika tubuh digunakan untuk bepergian, apalagi di malam hari, penyakit lainnya akan muncul seperti batuk akibat angin malam yang mengenai tubuh.

2. Makanan Bergizi

Makan makanan bergizi dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh yang sedang lemah. Seorang yang baru saja terkena radang tenggorokan dan flu biasanya tidak nafsu makan akibat tenggorokan yang sakit untuk menelan. 

Tetapi untuk makan-makanan bergizi harus dipaksakan agar tidak semakin parah. Contohnya makan makanan 4 sehat 5 sempurna seperti sayuran dan buah-buahan. Hal tersebut juga bisa meningkatkan imun dalam dirinya, apalagi jika dibantu dengan mengonsumsi vitamin D.

3. Kumur Air Garam

Baca Juga : Terungkap, Inilah Alasan LPSK Setop Lindungi Eliezer

 

Cara mengobati radang tenggorokan salah satunya yaitu dengan kumur air garam. Kumur air garam dianggap dapat mengurangi rasa sakit jika dilakukan secara rutin. 

Pembuatannya juga mudah, yaitu dengan mencampurkan beberapa sendok teh garam sesuai keinginan pada air hangat dan larutkan. Kemudian berkumur beberapa detik menggunakan larutan air garam tersebut dan ludahkan.

4. Minum Obat

Apabila berbagai hal yang dilakukan untuk mengatasi radang tenggorokan dan flu dirasa kurang efektif, sebaiknya segera menggunakan obat medis yang dibeli di apotek. Alangkah baiknya sebelum membeli obat tersebut, konsultasikan pada dokter yang menangani permasalahan radang tenggorokan dan flu. 

Selain mengonsumsi obat-obatan tersebut, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang banyak untuk menghindari tenggorokan kering.


Topik

Kesehatan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Nadia Azzahro Sanad

Editor

Yunan Helmy