Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

DPMPTSP Kota Kediri Diserbu Ratusan Pengurus NIB RBA

Penulis : Bambang Setioko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

06 - Feb - 2023, 21:02

Placeholder
Sejak minggu lalu peningkatan penerbitan NIB RBA di Kota Kediri luar biasa, setidaknya dalam sehari DPMPTSP dapat menerbitkan kurang lebih 200 NIB RBA. (Foto:Dok. Istimewa)

JATIMTIMES - Sejak diumumkan oleh Wali Kota Kediri bahwa bantuan modal usaha yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) tahun 2023 untuk para pelaku usaha akan segera dibuka, Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Kediri telah diserbu ratusan pelaku usaha setiap harinya guna mendapatkan Nomor Induk Berusaha Risk Based Approach (NIB RBA) yang menjadi salah satu syarat pendaftaran banmod.

“Sejak minggu lalu peningkatan penerbitan NIB RBA di Kota Kediri luar biasa, setidaknya dalam sehari DPMPTSP dapat menerbitkan kurang lebih 200 NIB RBA. Jumlah ini belum termasuk yang mendaftar mandiri secara online,”ujar Kepala DPMPTSP Kota Kediri, Edi Darmasto saat ditemui diruang kerjanya, Senin (6/2).

Baca Juga : Bupati Tulungagung Lepas 400 Banser ke Acara Satu Abad NU di Sidoarjo, Ini Harapannya

Saking membludaknya, para pelaku usaha yang ingin mengurus NIB RBA harus mengambil nomor antrian terlebih dulu beberapa hari sebelumnya. Edi mengungkapkan bahwa adanya nomor antrian bertujuan agar pengurusan NIB RBA di DPMPTSP dapat lebih efisien, tertib dan pelaku usaha tidak perlu menunggu terlalu lama.

“Hingga hari ini, nomor antrian yang dikeluarkan telah mencakup pelayanan hingga minggu depan. Jadi jika akan mengambil nomor antrian harus siap menunggu tanggal pembuatan yang akan ditetapkan oleh petugas," ungkapnya.

Menanggapi membludaknya pengurusan NIB RBA di kantor pelayanan DPMPTS ini, Edi menyarankan para pelaku usaha yang ingin mencari NIB RBA dapat melakukannya secara online dengan mengakses www.oss.go.id. Melalui laman tersebut pemohon terlebih dahulu harus membuat akun, lalu login. Disana pemohon akan memperoleh formulir dan dapat mengikuti arahan sesuai sistem. 

“Cara mendapatkan NIB RBA secara online sebenarnya sangat mudah, cepat dan dapat dilakukan dimana saja. Jika melek teknologi sedikit saja, pasti siapapun bisa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Edi mengungkapkan bahwa berdasarkan data dari OSS RBA sejak tanggal 31 Januari hingga 5 Februari kemarin jumlah NIB RBA di Kota Kediri yang telah diterbitkan mencapai 2.785 NIB RBA. Jumlah ini termasuk yang mendaftar mandiri secara online, dimana tercatat pada hari kerja Senin hingga Jum’at yaitu tanggal 31 Januari terdaftar 354 NIB RBA, tanggal 1 Februari terdaftar 517 NIB RBA, tanggal 2  Februari terdaftar 530 NIB RBA, tanggal  3 Februari terdaftar 742 NIB RBA sedangkan di akhir pekan terdaftar 642 NIB RBA.

“Jumlah NIB RBA  yang terdaftar setiap harinya ini termasuk yang mendaftar mandiri secara online. Di DPMPTSP sendiri setiap harinya dapat membantu menerbitkan 200 NIB RBA, sisanya mereka-mereka yang mendaftar mandiri secara online,” ujarnya.

Baca Juga : Pelantikan Panwaskel, Wujud Sinergi Pemkot Kediri dan Bawaslu Hadirkan Pemilu Sehat

“Melihat jumlah-jumlah ini, saya yakin banyak masyarakat Kota Kediri yang sudah melek teknologi dan mampu untuk mendaftar mandiri secara online,” imbuhnya.

Meski mendaftarkan NIB RBA secara mandiri jika pelaku usaha menemukan kendala saat proses pendaftaran DPMPTSP akan siap membantu melalui call center di 081231571567 ataupun media sosial instagram DPMPTSP Kota Kediri.

“Kita juga telah membagikan panduan untuk mendaftar mandiri di instagram DPMPTSP dan Pemkot Kediri. Masyarakat bisa melihat panduan tersebut, jika memang masih kesulitas silahkan kirimkan pesan di Instagram atau menghubungi kontak DPMPTSP Kota Kediri. Kita akan selalu siap membantu hingga tuntas,”pungkasnya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Bambang Setioko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni