Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Hukum dan Kriminalitas

Polisi Dalami Video Viral Pencuri Burung Tenteng Senjata Tajam di Pakis

Penulis : Ashaq Lupito - Editor : Yunan Helmy

06 - Feb - 2023, 09:12

Placeholder
Tangkapan layar rekaman CCTV yang menunjukkan pelaku pencurian burung saat melancarkan aksinya yang diduga terjadi di Kecamatan Pakis. (Foto : Istimewa)

JATIMTIMES - Polisi masih mendalami dugaan pencurian burung yang terjadi di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang, yang rekaman CCTV-nya viral di media sosial.

Kapolsek Pakis AKP Moh. Lutfi mengaku masih belum bisa memastikan apakah aksi pencurian burung yang tengah viral di media sosial tersebut memang terjadi di wilayah hukumnya. Lutfi sedang berkoordinasi dengan anggotanya guna memastikan apakah ada laporan terkait pencurian burung seperti yang telah viral di media sosial.

Baca Juga : Jemput di Gang Sempit, Driver Ojol dan Penumpang Tercebur ke Kali

"Sebentar, saya cek dulu," kata anggota Polri dengan pangkat tiga balok ini.

Terlepas dari itu, Lutfi mengaku bakal segera menindaklanjuti pencurian burung tersebut. Guna mengantisipasi adanya tindak kriminalitas lagi, Polsek Pakis bakal semakin rutin melakukan patroli.

"Polsek Pakis akan tetap melakukan giat rutin patroli. Terutama ke wilayah yang rawan atau berpotensi terjadi gangguan kamtibmas," tandas Lutfi.

Meski mengaku bakal rutin melakukan patroli, Lutfi tetap mengimbau kepada masyarakat untuk turut serta dalam menjaga keamanan di daerah masing-masing. "Kami tetap berharap adanya partisipasi dari masyarakat dalam menjaga keamanan di lingkungannya masing-masing," ujar.

Apabila ada kejadian kriminalitas atau gangguan kamtibmas, masyarakat diharapkan segera melaporkan kepada pihak kepolisian. "Jika kedapatan atau ditemukan orang yang diduga melakukan kejahatan, segera laporkan," ucap kapolsek.

Aksi pencurian burung yang belakangan ini tengah viral di media sosial tersebut terjadi akhir Januari 2023 lalu. Kejadiannya disebut di Perumahan Griya Tama Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang.

"Waspada Maling, Lur. Telah terjadi pencurian di perumahan Griyatama Pakis," tulis berbagai sumber pada akun media sosial Instagram.

Dari penelusuran media online ini, pelaku beraksi ketika dini hari. Berdasarkan rekaman CCTV yang beredar, saat beraksi, pelaku terlihat mengenakan jaket dan celana panjang warna gelap.

Guna menutupi identitasnya, pelaku pria tersebut mengenakan topi dan masker. Selain itu, pelaku terlihat menenteng senjata tajam.

"Maling membawa sajam/celurit, mencuri burung peliharaan," tulis berbagai sumber.

Baca Juga : Anggota Brimob Bentak dan Tunjuk-Tunjuk Babinsa TNI AD, Akhirnya Saling Memaafkan

Pelaku sempat mondar-mandir di sekitar wilayah Perumahan Griya Tama Pakis. Dirasa aman, pelaku kemudian beraksi ke beberapa rumah warga.

Usai mendapatkan barang curian, pelaku  menenteng sangkar burung ke suatu tempat sebelum akhirnya diketahui kabur meninggalkan lokasi kejadian. "Ada 5 rumah yang kemalingan dan 8 burung yang dicuri," tulis berbagai sumber berdasarkan rekaman CCTV yang dikirim oleh warga melalui WhatsApp, sebelum akhirnya diunggah ke berbagai akun Instagram.

Sementara itu, Kasih Humas Polres Malang Iptu Ahmad Taufik menuturkan, hingga kini Polres Malang belum menerima laporan perihal pencuri burung bersajam yang disebut terjadi di Kecamatan Pakis. "Belum ada laporan," katanya.

Senada dengan yang disampaikan kapolsek Pakis, Kasih humas Polres Malang mengimbau kepada masyarakat untuk segera melaporkan kepada kepolisian jika menjadi atau mengetahui tindak kriminalitas.

"Segera laporkan jika ada kejahatan atau gangguan mamtibmas. Bisa ke polsek maupun ke Polres (Malang)," tukasnya.


Topik

Hukum dan Kriminalitas



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Ashaq Lupito

Editor

Yunan Helmy