Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Puncak BBGRM XIX dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-50 Jatim Digelar di Jember

Penulis : Moh. Ali Mahrus - Editor : Dede Nana

28 - Nov - 2022, 15:25

Placeholder
Kepala DPMD Provinsi Jatim bersama Ketua TP PKK Jatim saat memberikan penghargaan kepada desa pemenang (foto : Moh. Ali Makrus / Jember TIMES)

JATIMTIMES - Puncak Peringatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat XIX dan Hari Kesatuan Gerak PKK Ke-50 Provinsi Jatim berlangsung semarak saat digelar di GOR PKPSO Jember, Jalan Nusantara, Kecamatan Kaliwates, Senin (28/11/2022) siang. Baik Forkopimda Jawa Timur maupun Jember tampak memadati perayaan tersebut.

Di antaranya, Sekretaris Daerah Jawa Timur (Sekda Jatim) Adhy Karyono, Ketua TP PKK Jawa Timur Arumi Bachsin, Bupati Jember Hendy Siswanto, Wakil Bupati Jember KH. MB. Firjaun Barlaman, Kepala DPMD Jatim Soekaryo, Wakil Ketua TP PKK Jember Ervita Afdila Sari, serta jajaran OPD, camat, dan lurah/kades di Jember.

Baca Juga : Pemkab Kediri Salurkan Donasi untuk Korban Gempa Cianjur 

 

Kepala DPMD Jatim Soekaryo menjelaskan bahwa peringatan bulan bhakti itu dilaksanakan untuk melestarikan kebiasaan mulia masyarakat. Tujuannya, untuk saling terbuka, mendukung, dan membantu satu sama lain. Khususnya, dalam berbagai bidang pembangunan. 

“Selain itu bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dan peran aktif masyarakat dalam meningkatkan integritas sosial menuju Jatim maju dan sejahtera,” lanjutnya.

Sementara itu, bentuk kegiatannya berupa penilaian gotong royong terbaik Provinsi Jatim 2022. “Hasilnya, ada 4 desa dan 4 kelurahan yang dinobatkan sebagai desa dan kelurahan dengan gotong royong terbaik se-Jatim,” ungkapnya.

Dalam hal ini, Kabupaten Jember menang sebagai Kategori Desa Terbaik I. Tepatnya, untuk Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. Menanggapi hal tersebut, Bupati Hendy mengucapkan selamat kepada jajaran Desa Sidomulyo, Kecamatan Silo. 

“Itu bagus sekali,” paparnya dalam sesi wawancara. 

Baca Juga : Pemkab Malang Siap Gelontorkan Ratusan Miliar untuk BKK Desa 

 

Selanjutnya, hal itu bisa menjadi motivasi untuk ratusan desa lain di Jember, bahkan di Jawa Timur. “Sidomulyo bisa menjadi yang terbaik, kenapa yang lain enggak?” ucapnya.

Untuk itu, Hendy berharap sebanyak 226 desa dan 22 kelurahan lain bisa menyusul. “Sidomulyo dapat menjadi role model untuk yang lain. Copy paste saja apa kegiatan Sidomulyo yang baik, lalu dikerjakan di tempat lain,” ujarnya. 

Pihaknya yakin, jika ada kemauan hal tersebut menjadi sesuatu hal yang mudah untuk dikerjakan. “Belum lagi, sebanyak 80 kades kapan hari sudah diberi pelatihan wawasan kebangsaan,” ujarnya yang juga berharap hal itu menjadi semangat dan motivasi setiap kades untuk lebih baik lagi. 


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Moh. Ali Mahrus

Editor

Dede Nana