Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Jumlah Kursi Legislatif Kota Kediri di Pemilu 2024 Masih Sama 30 Kursi

Penulis : Eko Arif Setiono - Editor : Dede Nana

19 - Nov - 2022, 18:28

Placeholder
Nia Sari Divisi Teknis Penyelenggaraan KPU Kota Kediri,(eko arif s/Jatimtimes)

JATIMTIMES - Divisi Teknis Penyelenggaraan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kediri Nia Sari menyatakan, pengaturan kursi daerah legislatif di Kota Kediri untuk Pemilu 2024 masih tetap sama seperti Pemilu 2019. Di mana, jumlah kursi legislatif di Kota Kediri terdapat 30 kursi.

Menurut Nia, ketetapan itu berdasarkan keputusan KPU RI Nomor 457 terkait dengan jumlah penduduk. Di Kota Kediri, disebutkan oleh Nia, jumlah penduduk berdasarkan data agregat kependudukan semester 1 tahun 2022 yang disampaikan Kemendagri kepada KPU sebanyak 293.287 orang atau masih di bawah 300 ribu jiwa. Sehingga, alokasi kursi dinyatakan masih tetap sama seperti Pemilu 2019, yakni 30 kursi.

Baca Juga : HUT PGRI Ke-77 dan Hari Guru Nasional, Wali Kota: Terima Kasih Bapak/Ibu Guru di Kota Kediri

Lebih lanjut, Nia mengungkapkan, meskipun alokasi kursi dinyatakan masih tetap sama tetapi pada proses penyusunan daerah pemilihan (Dapil), KPU Kota Kediri diminta untuk mengajukan minimal 3 rancangan. 

Salah satu rancangan itu merupakan existing dari jumlah dapil pada Pemilu 2019. Sedangkan untuk dua rancangan alternatif lainnya, KPU memiliki opsi untuk menambah jumlah dapil, dari semula 3 dapil nantinya akan ditambah menjadi 4 dapil. 

Menurut Nia, opsi tersebut dimunculkan berdasarkan proporsionalitas pemilu terhadap alokasi jumlah kursi di masing-masing kecamatan, yakni Kecamatan Pesantren 9 kursi, Kecamatan Kota 9 kursi, dan Kecamatan Mojoroto akan dibagi menjadi 2 dapil, dengan pembagian Mojoroto 1 terdapat 6 kursi dan Mojoroto 2 terdapat 6 kursi.

"Bila melihat proposionalitas alokasi kursi di masing-masing dapil minimal 6 sampai 10 kursi. Nah, karena di Mojoroto terdapat 12 kursi, maka ini ada opsi rancangan untuk kita pecah menjadi dua dapil," terangnya.

Baca Juga : Pesta Rakyat Simpedes 2022, Wali Kota Kediri: Acara yang Melibatkan UMKM, Berdampak Positif pada Perekonomian

Lebih lanjut, Nia membeberkan, untuk draft pemecahan dapil Mojoroto 1 meliputi Kelurahan Bandar Lor, Kelurahan Bandar Kidul, Kelurahan Banjarmlati, Kelurahan Campurejo, Kelurahan Lirboyo, Kelurahan Pojok dan Kelurahan Tamanan. Sedangkan, untuk Mojoroto 2 terdiri dari Kelurahan Dermo, Kelurahan Mrican, Kelurahan Gayam, Kelurahan Ngampel, Kelurahan Bujel, Kelurahan Sukorame, dan Kelurahan Mojoroto.

"Namun ini masih berupa opsi rancangan, di mana hal itu juga masih perlu dilakukan uji dan tanggapan publik, beserta kembali menjadi keputusan di ranah KPU RI," bebernya.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Eko Arif Setiono

Editor

Dede Nana