Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Peristiwa

50 Persen Data Pelanggan Perumdam Tirta Mahameru Lumajang Tidak Valid

Penulis : Teguh Eko Januari - Editor : Dede Nana

25 - Aug - 2022, 18:23

Placeholder
Direktur Keuangan dan Administrasi Perumdam Tirta Mahameru Lumajang Khairul Anam saat di ruang kerjanya. ( foto; Teguh Eko Januari - JatimTimes)

JATIMTIMES - Data pelanggan Perusahaan Daerah Air Minum (Perumdam) Tirta Mahameru Lumajang ternyata banyak yang tidak valid. Tercatat sekitar 50 persen data pelanggannya perlu dilakukan update karena banyak nama dan kontack person yang harus disesuaikan kembali. Hal ini terungkap saat Perumdam ini melakukan verifikasi ulang data pelanggan yang dilakukan sejak awal Agustus lalu. 

Direktur Administrasi dan Keuangan (Dirak) Perumdam Tirta Mahameru Khoirul Anam mengakui jika pihaknya harus kembali melakukan update data pelanggan setelah diketahui data tersebut banyak yang kurang valid.

Baca Juga : 11 Ribu Bayi di Kabupaten Malang Alami Stunting, Terendah di Indonesia

“Kami harus mendata ulang secara lengkap, baik nama, alamat maupun nomor telepon yang bisa dihubungi,” ujarnya saat dikonfirmasi JatimTimes disela-sela kesibukannya memeriksa berkas pelanggan, Kamis (25/8/2022).

Anam berjanji, Agustus ini semua akan terselesaikan 100 persen. Meski saat ini ada kendala banyak pelanggan yang masih tertutup atau enggan menujukkan nomor teleponnya. Ia berharap pelanggan tidak lagi ragu memberikan data kepada petugas lapangan Perumdam Mahameru.

“20 persen pelanggan ternyata tidak punya Hp yang bisa dihubungi. Sementara yang lainnya mungkin khawatir datanya disalah gunakan. Padahal mereka sudah tahu dan kenal kepada petugas yang mendata,” tuturnya.

Verifikasi data pelanggan ini menurut Anam berkaitan dengan modernisasi di Perumdam Tirta Mahameru Lumajang. Tahun 2023 Perumdam bertekad akan merubah layanannya dari manual menuju layanan digital. 

“Saat ini sudah mulai jalan, paling tidak akhir tahun ini atau awal 2023 itu sudah full digital,” ujarnya optimis.

Anam mengungkapkan jika Perumdam Tirta Mahameru sudah memulai melakukan migrasi data pealanggan ke data digital. Migrasi data ini akan diselesaikan selama 2 bulan dan trial selama 1 bulan. 

“Pelanggan yang sudah terdata ulang bisa melakukan pembayaran melalui aplikasi milik Perumdam sehingga pelanggan tidak perlu lagi didatangi petugas atau datang ke kantor perumdam untuk melakukan pembayaran,” terangnya. 

Baca Juga : Rating Tinggi di Google, Bapenda Kabupaten Malang Panen Review Positif

Dengan melakukan pembayaran melalui apliksi Perumdam ini menurut Anam banyak keuntungan. Mereka dipastikan sudah bisa mengetahui tagihan dan dapat bukti pembayaran tanpa ada potongan administrasi.

“Selama ini banyak pelanggan yang membayar melalui aplikasi digital pihak ketiga, tapi itu kan ada biaya administrasinya. Dengan apliksi milik sendiri dijamin aman dan tanpa pungutan apapun,” katanya.

Layanan Perumdam Tirta Mahameru Lumajang tidak hanya pada sistem pembayaran namun pengaduan dan keluhan pelanggan juga bisa disampikan hanya dengan kirim pesan WA atau aplikasi lain yang dimiliki pelanggan. Keluhan tersebut bisa dengan cepat direspon dan dilakukan pembenahan jika ada kerusakan atau gangguan.

“Nanti akan ada report, kapan keluhan disampaikan dan kapan diselesaikan. Petugas di lapangan wajib mendokumentasikan dan melaporkan itu semua sehingga kinerja petugas cukup dipantau melalui sistem tersebut,” pungkasnya,


Topik

Peristiwa



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Teguh Eko Januari

Editor

Dede Nana