26/11/2022 Sambut HUT Ke-77 RI, Pemkab Blitar dan Forkopimda Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci | Jatim TIMES

Sambut HUT Ke-77 RI, Pemkab Blitar dan Forkopimda Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci

Aug 17, 2022 07:23
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Forkopimda menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di TMP Raden Wijaya
Bupati Blitar Rini Syarifah dan Forkopimda menghadiri apel kehormatan dan renungan suci di TMP Raden Wijaya

Pewarta: Aunur Rofiq | Editor: Nurlayla Ratri

JATIMTIMES- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar dan Forkopimda melaksanakan upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Raden Wijaya, Selasa (16/8/2022). 

Malam renungan suci dilaksanakan menyambut peringatan HUT ke-77 RI dan digelar tepat pukul 24.00 WIB. Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Blitar Rini Syarifah, Wali Kota Blitar Santoso dan seluruh jajaran Forkopimda Blitar Raya.

Baca Juga : Camat Glagah Ambil Yara Peraih Medali Emas Tinju Poprov Jatim Jadi Anak Angkat

 

Hadir pula dalam agenda ini Wabup Blitar Rahmat Santoso, Wakil Wali Kota Blitar Tjutjuk Sunario, jajaran Asisten Setda Pemkab Blitar dan Pemkot Blitar serta Perwira TNI/Polri. Bertindak sebagai Inspektur upacara Komandan Kodim (Dandim) 0808/Blitar Letkol Inf Sapto Dwi Priyono.

Bupati Blitar Rini Syarifah mengatakan, apel ini digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa para pahlawan yang telah gugur dan telah memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

“Sebagai anak bangsa jangan pernah melupakan jasa para pahlawan, pendahulu kita. Untuk itu, marilah kita tundukkan kepala dengan khidmat, guna mengenang dan mendoakan para pejuang yang telah gugur sebagai pahlawan bangsa. Semoga mereka diampuni segala dosanya dan mendapat tempat yang layak di sisi Allah SWT,” kata Bupati Rini.

“Kita sebagai generasi penerus tidak boleh melupakan jasa para pahlawan. Semoga kita senantiasa diberikan kekuatan, kemampuan dan keyakinan untuk tetap berjuang mengisi kemerdekaan bangsa,” tukasnya.

Upacara apel kehormatan dilanjutkan dengan penandatanganan naskah apel kehormatan dan renungan suci. Setelah itu, Inspektur upacara memimpin untuk mengheningkan cipta dan acara ditutup dengan pembacaan doa serta penghormatan terakhir untuk arwah para pahlawan.

Dandim 0808/Blitar mengatakan, Letkol Inf Sapto Dwi Priyono mengatakan upacara dan renungan suci merupakan momentum untuk mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan, terutama pahlawan kemerdekaan.

Baca Juga : Ini Wujud Syukur Warga Kecamatan Glagah Dalam Peringatan HUT Kemerdekaan ke-77 RI

 

“Perjuangan para pahlawan harus dilanjutkan oleh generasi saat ini dan masa depan. Berkat kegigihan para pahlawan, kita semua sampai saat ini bisa menghirup udara kemerdekaan,” kata  Dandim.

Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito mengatakan, renungan suci dapat memberikan pelajaran akan pentingnya sikap saling menghargai dan saling menghormati antar sesama manusia. Setiap perbedaan yang ada, merupakan anugerah yang sangat berharga.

“Mari di HUT ke-77 RI ini kita tingkatkan lagi rasa persaudaraan, jaga toleransi antar umat dan golongan, serta jauhi paham-paham radikalisme yang dapat merusak ideologi pancasila yang dapat memecah belah bangsa demi Indonesia Maju. Bersama-sama kita bergotong royong mewujudkan Indonesia yang lebih maju,” pungkasnya. (Adv/Kmf)

Judul berita Sambut HUT Ke-77 RI, Pemkab Blitar dan Forkopimda Gelar Apel Kehormatan dan Renungan Suci.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Berita Blitar JATIMTIMES

Berita Lainnya