07/12/2022 Antisipasi Anomali Cuaca, BPBD Banyuwangi Gelar Program Edukasi dan Mitigasi Bencana | Jatim TIMES

Antisipasi Anomali Cuaca, BPBD Banyuwangi Gelar Program Edukasi dan Mitigasi Bencana

Aug 16, 2022 14:20
Bangunan di kawasan sepadan sungai yang dibangun dekat dengan papan larangan dari pemerintah (Foto; Nurhadi BAnyuwangi TIMES)
Bangunan di kawasan sepadan sungai yang dibangun dekat dengan papan larangan dari pemerintah (Foto; Nurhadi BAnyuwangi TIMES)

Pewarta: Nurhadi Joyo | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Antisipasi terjadinya anomali cuaca, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyuwangi setiap minggu menggelar progam kegiatan edukasi dan mitigasi bencana di beberapa tempat.

Menurut Ilzam Nuzuli Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BPBD Kabupaten Banyuwangi, pelaksanaan program baik berupa sosialisasi, edukasi dan mitigasi bencana telah dilakukan untuk Dunia Usaha (DU), RS Bakti Husada, Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar dan Ponpes Bustanul Makmur 2.

Baca Juga : Penyebab Kerusuhan Silo Terungkap, Ternyata Begini Kronologi Awalnya

Selain itu, lanjut Ilzam, pihaknya juga melaksanakan program verifikasi rambu-rambu kebencanaan di beberapa destinasi wisata antara lain di Pantai Pulau Merah (PM), Taman Nasional Alas Purwo dan Teluk Hijau serta beberapa destinasi wisata lain.

“Apabila terjadi kondisi emergensi Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Banyuwangi lengkap dengan sarana prasarana (sarpras) dan fasilitas  pendukung selalu siap untuk memberikan penanganan bencana angin kencang, banjir, pohon tumbang, longsor dan lain sebagainya,” jelas pejabat yang akrab disapa Gus Ilzam di ruang kerjanya, Selasa (16/8/2022).

Mengingat anomali cuaca yang terjadi saat ini, BPBD Banyuwangi mengingatkan masyarakat selalu hati-hati dan waspada terhadap segala kemungkinan yang terjadi. Misalnya tidak membangun rumah hunian dan tempat usaha di kawasan sepadan  sungai.

Selanjutnya para nelayan diharapkan selalu update perkembangan cuaca agar aman dan selamat dalam melaksanakan aktivitas mencari ikan di laut.” Bagi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang mengelola wisata air laut supaya mematuhi standar keselamatan, baik perahu, fasilitas maupun water boom. Beberapa kecelakaan terjadi akibat mesin tidak standar dan tidak menyediakan life jacket untuk penumpang kapal,” imbuh Ilzam.

Selanjutnya Gus Ilzam juga mengimbau  masyarakat membudayakan gerakan berbudaya hidup bersih dan sehat, antara lain dengan membersihkan saluran drainase yang ada di lingkungannya. Selain itu secara berkala juga bisa melakukan perempesan pohon yang potensi membayakan di lingkunganya masing-masing.

Baca Juga : Anggota DPRD Bangkalan Kompak Sakit di Rapat Paripurna Pidato Kenegaraan Presiden

Selain melakukan upaya mengantiasipasi anomali cuaca, BPBD Banyuwangi juga melakukan pemetaan wilayah atau maping dalam pencegahan dan penanggulangan potensi kekeringan yang terjadi di wilayah Kecamatan Tegaldlimo,  Wongsorejo Kalipuro dan Kecamatan Bangorejo.

“BPBD Banyuwangi terus melakukan komunikasi dan koordinasi intensif dengan pemerintah kecamatan untuk melakukan pemetaan atau maping desa-desa  yang kesulitan air bersih dalam musim kemarau di Banyuwangi,” pungkas Gus Ilzam.

Judul berita Antisipasi Anomali Cuaca, BPBD Banyuwangi Gelar Program Edukasi dan Mitigasi Bencana.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
anomali cuaca BPBD Banyuwangi

Berita Lainnya