Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Pemerintahan

Sedikit Lagi Capaian Vaksinasi PMK Tahap II di Kota Batu Selesai

Penulis : Irsya Richa - Editor : Nurlayla Ratri

15 - Aug - 2022, 20:19

Placeholder
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat meninjau peternakan sapi di Kota Batu. (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

JATIMTIMES - Vaksinasi penyakit mulut dan kuku (PMK) tahap II pada hewan ternak sapi di Kota Batu sudah berlangsung sejak 25 Juli silam. Hingga 10 Agustus 2022, capaiannya sudah mencapai 93,79 persen.

Pada 25 Juli lalu, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa terjun langsung melihat proses vaksinasi PMK tahap II di Kota Batu. Kota Batu sendiri mendapatkan jatah sebanyak 10 ribu dosis vaksin PMK tahap II.

Baca Juga : Wali Kota Batu Resmi Kukuhkan Anggota Paskibra, Minta Jiwa Nasionalisme Diterapkan Tiap Hari

Rinciannya, ada 4.322 ekor sapi terinfeksi PMK. Yakni sapi sakit 136 ekor, sapi mati 106 ekor, sapi sembuh 3.805 ekor, dan potong paksa 111 ekor yang tersebar di 18 kelurahan/desa di Kota Batu.

“Vaksinasi tahap I dan II kurang sedikit saja,” ungkap Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso. Punjul menyebut, untuk menuntaskan 100 persen vaksinasi itu terdapat kendala.

Kendala yang didapati adalah hewan ternak enggan diberi vaksin tak terkecuali tahap I dan II. Tercatat capaian vaksinasi tahap I sebanyak 7.957 ekor atau 99,46 persen. 

“Kendala itu pun akhirnya tidak bisa maksimal,” tambah Punjul, Senin (15/8/2022).

Dalam kasus PMK ini, setidaknya hewan ternak sapi harus mendaptkan tiga kali vaksin. Sedangkan untuk dosis ketiga akan diberikan dengan jarak waktu 6 bulan dari dosis kedua.

Baca Juga : Turun Drastis, Dewan Soroti Perolehan DID Kabupaten Malang

Sementara itu Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, setelah hewan ternak diberi vaksin nafsu makan menjadi bertambah. 

“Ini menjadi rasa syukur kami, semoga vaksin bisa terus didistribusi dan disuntikan ke hewan,” ucap Dewanti.

Karena itu, Dewanti ingin percepatan vaksinasi bisa dilakukan dengan optimal agar wabah PMK ini bisa segera berakhir.


Topik

Pemerintahan



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Irsya Richa

Editor

Nurlayla Ratri