Jatim Times Network Logo
Agama Ekonomi Gaya Hukum dan Kriminalitas Kesehatan Kuliner Olahraga Opini Otomotif Pemerintahan Pendidikan Peristiwa Politik Profil Ruang Mahasiswa Ruang Sastra Selebriti Tekno Transportasi Wisata
Agama

Jangan Lakukan Hal Ini, Atau Azab Segera Menimpamu

Penulis : Anggara Sudiongko - Editor : Sri Kurnia Mahiruni

24 - Jun - 2022, 09:09

Placeholder
Ilustrasi azab yang akan diterima anak ketika durhaka kepada orang tua (Ist)

JATIMTIMES - Orang tua merupakan sosok yang harus dimuliakan oleh seorang anak. Seorang anak juga harus berbakti kepada orang tua. Berbakti kepada orang tua, merupakan salah satu sebab diturunkannya ampunan dan rahmat Allah SWT. 

Bahkan, dengan berbakti kepada orang tua, juga memudahkan jalan seseorang menuju surga, termasuk menambah keberkahan usia dan rezeki mereka.

Baca Juga : NASA Sempat Merahasiakan Statement Astronot Tentang Ka'bah

Diolah dari Magenta Islam dan beberapa sumber lain, ketika seorang anak durhaka kepada orang tua, utamanya ibu, maka ganjaran pedih siksa neraka dari Allah SWT akan didapatkannya. Perjuangan orangtua, khususnya Ibu, perihnya tentu tak dapat dibayar dengan apapun yang ada di dunia ini. Anak yang durhaka kepada orang tua, termasuk juga dalam golongan yang menentang Allah SWT.

Dosa atau durhaka kepada orang tua, sangatlah dibenci Allah. Allah akan mempercepat azab mereka yang durhaka kepada orang tua di dunia atau sebelum anak durhaka tersebut meninggal. 

Hal ini sesuai hadist, "Ada dua pintu petaka yang disegerakan akibatnya di dunia, yaitu orang yang zalim dan durhaka kepada orang tua," (HR Al-Hakim).

Aisyah R.A berkata Rasulullah SAW bersabda, "Amal kebajikan yang disegerakan balasannya di dunia adalah berbakti kepada kedua orang tua dan menyambung tali silaturrahmi. Sedangkan kejahatan yang disegerakan siksaannya adalah berzina, durhaka kepada kedua orang tua, dan memutus silaturahim," (HR Imam Turmudzi dan Ibnu Majah).

Tsauban R.A. menyampaikan, Rasulullah SAW bersabda, "Tiga macam dosa yang akan menyia-nyiakan segala amal-amal lainnya, yaitu syirik atau mempersekutukan Allah, durhaka kepada ayah ibu, dan lari dari medan perang,” (HR At-Tabrabi). 

Mereka yang durhaka kepada orang tua, maka Allah akan mengharamkan untuk mencium aroma surga. Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya aroma surga itu tercium dari jarak perjalanan 1000 tahun, dan demi Allah tidak akan mendapatinya barang siapa yang durhaka kepada orang tuanya" (HR Thabrani). 

Baca Juga : Tak Bisa Kontrol Emosi, Coba Lakukan Teknik Ini

Hadits-hadits ini menunjukkan betapa besarnya jasa orangtua kepada sang anak. Bahkan, meskipun anak tersebut kerap melakukan hal baik, namun tetap saja surga haram baginya.

Mereka yang durhaka kepada orang tua juga dianggap kufur nikmat. Dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda, "Janganlah kamu membenci bapak-bapakmu. Karena barang siapa membenci bapaknya, maka itu merupakan perbuatan kekafiran". 

Maksud dari kekafiran yang dijelaskan dalam hadits tersebut adalah, mengingkari nikmat dari Allah ta'ala, yakni bapak dan ibu yang menjadi perantara hadirnya seorang anak. Azab pedih telah dijanjikan Allah. Hal ini dengan gamblang dijelaskan dalam Al-Qur'an yakni pada Surat Ibrahim ayat 7. 


Topik

Agama



JatimTimes Media Terverifikasi Dewan Pers

UPDATE BERITA JATIM TIMES NETWORK

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com dengan klik Langganan Google News Jatimtimes atau bisa menginstall aplikasi Jatim Times News melalui Tombol Berikut :


Penulis

Anggara Sudiongko

Editor

Sri Kurnia Mahiruni