Pembangunan MCC Capai 92,26 Persen, Ditarget Selesai Akhir Juli 2022 | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Pembangunan MCC Capai 92,26 Persen, Ditarget Selesai Akhir Juli 2022

Jun 22, 2022 16:17
Tampak bangunan megah Malang Creative Center (MCC) yang terletak di Jalan A. Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Rabu (22/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)
Tampak bangunan megah Malang Creative Center (MCC) yang terletak di Jalan A. Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, Rabu (22/6/2022). (Foto: Tubagus Achmad/JatimTIMES)

JATIMTIMES -  Pembangunan Malang Creative Center (MCC)  di Jalan Ahmad Yani, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, terus menunjukkan perkembangan signifikan.

"Progress (pembangunan MCC) 92,26 persen," ungkap Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPRPKP) Kota Malang Diah Ayu Kusumadewi kepada JatimTIMES.com, Rabu (22/6/2022).

Baca Juga : Cara Mendapatkan Skin, Gems Dan Tokens Gratis Di Game Stumble Guys

Perempuan yang akrab disapa Diah ini menyampaikan, sebelumnya pembangunan MCC pada Juni 2022 ditarget mencapai 88,92 persen. Namun saat ini menunjukkan percepatan. Terdapat deviasi positif 3,34 persen dengan capaian 92,26 persen.

"(Pembangunan MCC ditarget selesai) hingga akhir kontrak 20 Juli 2022," ujar Diah yang saat ini juga menjabat sebagai asisten perekonomian dan pembangunan sekretariat daerah Kota Malang.

Bangunan MCC yang berdiri megah itu saat ini selalu menjadi sorotan bagi masyarakat yang melintas di kawasan tersebut. Pasalnya, bangunan setinggi delapan lantai tersebut sudah menunjukkan tampilan depan dengan warna cokelat serta dinding bangunan sisi kanan, kiri dan belakang berwarna putih.

Diah menjelaskan, untuk seluruh proses konstruksi utama telah dituntaskan termasuk proses pengerjaan lift telah terpasang dan saat ini sedang menunggu proses uji dari provinsi yang direncanakan akan dilakukan pada akhir  Juni 2022.

Untuk diketahui, MCC merupakan sebuah bangunan yang nantinya akan menjadi creative hub berstandar nasional. Di dalamnya diproyeksikan mampu mewadahi perkembangan dan potensi sumber daya manusia (SDM) atau para pelaku ekonomi kreatif Kota Malang.

Beberapa fasilitas akan berada di dalam bangunan MCC. Di antaranya, studio animasi, audio and motion, planning gallery, co-working space, galeri serbaguna, food lab, workshop seni, bioskop, dan studio foto. Ragam fasilitas tersebut dapat diakses oleh masyarakat.

Baca Juga : BRIN Sosialisasi di Unisma, Targetkan Akuisisi 500 Produk Audiovisual Maupun Buku Ilmiah

Proyek pembangunan gedung MCC pun masuk dalam kategori pengerjaan multiyears. Total anggaran yang digelontorkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Malang untuk pembangunan gedung MCC sebesar Rp 98 miliar.

Tahap pertama telah dianggarkan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2021 sebesar Rp 25 miliar dan telah terbayarkan ke pihak kontraktor, yakni PT Tiara Multi Teknik (TMT). Sedangkan tahap kedua telah dianggarkan pada APBD 2022 sebesar Rp 73 miliar. Nantinya untuk pembayaran tahap kedua akan dilakukan setelah proses pembangunan gedung MCC selesai 100 persen.

Lebih lanjut, untuk mendukung tampilan estetika bangunan gedung MCC, Diah juga telah meminta beberapa provider untuk menurunkan puluhan kabel yang menggelantung di depan gedung MCC. Dan permintaan tersebut pun telah dilaksanakan oleh para provider. Pasalnya, pembuatan ducting untuk puluhan kabel provider di kawasan MCC pun telah selesai dikerjakan.

"Yang di sana (di depan gedung MCC) tinggal kabelnya Dishub (Dinas Perhubungan). Sudah dikomunikasikan dengan Dishub dan Pak Wali juga sudah tahu," pungkas Diah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
Malang Creative Center DPUPRPKP Kota Malang

Berita Lainnya