27/11/2022 Target 10 Medali Emas, KONI Kota Batu Terjunkan 231 Atlet Terbaiknya di Porprov Jatim | Jatim TIMES

Target 10 Medali Emas, KONI Kota Batu Terjunkan 231 Atlet Terbaiknya di Porprov Jatim

Jun 10, 2022 18:21
Ketua Umum KONI Kota Batu Mahfud saat konferensi Pers di KONI Kota Batu, Jumat (10/6/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)
Ketua Umum KONI Kota Batu Mahfud saat konferensi Pers di KONI Kota Batu, Jumat (10/6/2022). (Foto: Irsya Richa/MalangTIMES)

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Dede Nana

JATIMTIMES - Ajang bergengsi olahraga Jawa Timur yakni Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim bakal diselenggarakan 25 Juni hingga 3 Juli di Jember, Lumajang, Bondowoso, dan Situbondo. Setidaknya Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Batu mengirimkan 231 atlet terbaiknya.

Dari 231 atlet yang maju dalam Porprov Jatim, KONI Kota Batu menargetkan bisa meraih 10 medali emas. “Targetnya kami tahun ini bisa masuk 10 besar dalam Porprov Jatim,” kata Ketua Umum Koni Kota Batu Mahfud, Jumat (10/6/2022). 

Baca Juga : 21 ASN Lolos Daftar Seleksi Administrasi JPTP di Lingkungan Pemkot Batu, 3 ASN Gagal

231 atlet yang akan maju itu terdiri 117 putra dan 114 putri. Dengan mengikuti 23 cabang olahraga (cabor) dan 208 nomor pertandingan. “27 cabor itu sudah setengahnya dari 47 cabor yang dipertandingkan,” imbuh Mahfud. 

KONI Kota Batu yakin atletnya bisa meraih 10 medali atau masuk 10 besar dengan mengunggulkan beberapa cabor. Seperti unggulan utamanya adalah paralayang yang kerap menjadi langganan juara umum.

“Unggulan nomor satu cabor paralayang. Cabor ini menerjunkan 7 atlet dengan mengikuti 8 nomor yang dipertandingkan,” tambah Mahfud. 

Selanjutnya cabor yang diunggulkan adalah gulat, tarung drajat, selam, dan downhill. Untuk mempersiapkan atlet meraih prestasi dalam Porprov VII tahun 2022 ini, berbagai hal jauh hari sudah dilaksanakan oleh pengurus KONI Kota Batu. Usai Porprov VII tahun 2019, KONI Kota Batu langsung melakukan Pemusatan Latihan Kota (Puslatkot) KONI Kota Batu ring 1.

Peserta puslatkot ini adalah peraih medali dalam Porprov VI yang masih memenuhi persyaratan untuk menjadi peserta Porprov VII tahun 2022. Jumlah atlet Puslatkot bertambah seiring proses seleksi Porprov yang dilaksanakan oleh masing-masing cabang olahraga.

Tidak hanya melakukan pemusatan latihan, KONI juga bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Kedokteran (FIK) Universitas Negeri Malang (UM) untuk melaksanakan sport science. Secara berkala dilakukan tes pengukuran dan tes VO2MAX kepada para atlet.

Baca Juga : Pernah Ramai, Kini Banyak Pencinta Batu Akik di Tulungagung Menghilang

KONI juga menggelar pelatihan pelatih untuk memberikan penyegaran penyusunan program latihan kemudian memadukan dengan hasil tes atlet yang dilakukan oleh FIK UM. Tidak hanya itu, KONI Kota Batu juga bekerja sama dengan KONI Badung Bali dalam hal sparing partner, dimana kedua daerah ini saling mengirimkan atletnya untuk berlatih tanding bersama.

Untuk memantapkan kesiapan atlet, KONI Kota Batu akan menggelar kegiatan Character Building untuk memotivasi atlet dan menguatkan mental bertandingnya. Kegiatan dilaksanakan di GOR Gajahmada Kota Batu pada hari Minggu, 12 Juni 2022 mendatang.

Sementara, keberangkatan para atlet akan dilaksanakan pada hari Sabtu, 18 Juni 2022. Pada hari itu akan dilaksanakan Upacara Pengukuhan dan Pelepasan Atlet oleh Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Judul berita Target 10 Medali Emas, KONI Kota Batu Terjunkan 231 Atlet Terbaiknya di Porprov Jatim.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Porprov Jatim 2022 KONI Kota Batu

Berita Lainnya