06/12/2022 Batu Culture Festival Digelar Sebulan Penuh, Dinas Pariwisata Kota Batu Siap Manjakan Wisatawan | Jatim TIMES

Batu Culture Festival Digelar Sebulan Penuh, Dinas Pariwisata Kota Batu Siap Manjakan Wisatawan

Jun 08, 2022 21:21
Wali Kota Batu Dewanti Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama Forkopimda saat pemukulan kendang kempul Sendratari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.
Wali Kota Batu Dewanti Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama Forkopimda saat pemukulan kendang kempul Sendratari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu.

Pewarta: Irsya Richa | Editor: Pipit Anggraeni

JATIMTIMES - Ratusan warga Kota Batu memenuhi Sendratari Arjuna Wiwaha, Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu, Kota Batu dalam pembukaan Batu Culture Festival 2022 yang digelar Dinas Pariwisata Kota Batu, Rabu (8/6/2022). Gelaran yang sudah lama dinantikan ini pun membuat masyarakat senang.

Pembukaan acara diawali dengan alunan gamelan yang indah diiringi persembahan Tarian Girimoyo yang turut menyambut kehadiran Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko dan Wakil Wali Kota Batu Punjul Santoso bersama Forkopimda.

kota-batu---tari-14fa5131d8c1a9f8c.jpg

Batu Culture Festival sendiri merupakan pertunjukan seni dan budaya khas Kota Batu hasil kolaborasi antara Dinas Pariwisata dan Pelaku Seni. Kegiatan ini untuk melestarikan kebudayaan dan sebagai wadah aktualisasi seniman Kota Batu. Event ini siap menghibur masyarakat dan wisatawan, karena akan berlangsung selama sebulan penuh.

Baca Juga : Kantor Dinas Perpustakaan dan GraPARI Telkomsel Ngawi Didemo

Dengan menampilkan beragam pagelaran seni, workshop hingga pameran. Mulai dari Jaranan, Bantengan, Pentas Sanduk, Reyog, Rampak Barong, hingga Kompetisi Karya Sastra Mocopat akan dihadirkan di Sendratari Arjuna Wiwaha.

kota-batu---tari-38bb6ad0d5ad91b05.jpg

Kemudian kegiatan audisi pertunjukkan sendratari berjudul Romantisme Arjuna Supraba, lomba karya tari khas desa dan kelurahan wisata, kompetisi karya sastra Mocopat Kota Batu, pentas sanduk Kota Batu, obyokan reyog, Gelar Rampak Barong se Kota Batu, Sarasehan Kebudayaan dan Fine Art Exhibition dan puncak kegiatan Batu Culture Festival 2022 yang akan dilaksanakan 28 Juni mendatang.

“Dalam satu bulan ini menjadi ajang di mana kreativitas para seniman di Kota Batu. Ini juga sebagai upaya memulihkan perekonomian pariwisata, Alhamdulillah kita diizinkan untuk menggelar Festival Kebudayaan di Kota Batu,” ucap Kepala Dinas Pariwisata Kota Batu, Arief As Siddiq.

kota-batu---tari-2bd93a435c6a5cf26.jpg

Menandai pelaksanaan festival budaya ini, Dinas Pariwisata juga meluncurkan Batu Culture Festival bersamaan dengan peresmian paket wisata tematik sekaligus mempercepat pelaksanaan vaksinasi booster di Kota Batu.

Peluncuran ini ditandai dengan pemukulan kendang kempul oleh Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko, Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso beserta forkompimda di Sendratari Arjuna Wiwaha, Rabu (8/6/2022).

“Disisi lain kami menyiapkan strategi promosi pariwisata. Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia (ASSPPI) melalui launching paket wisata tematik,” tambah Arief.

Baca Juga : Job Fair dan Career Expo Sukses Digelar BPJAMSOSTEK, Disnaker Pemkab Blitar: Cara Cerdas Atasi Pengangguran

Dengan event seperti ini, ditargetkan mampu menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke Kota Batu. Apalagi, event ini digelar dalam kurun waktu satu bulan.

“Kegiatan tahunan yang kita laksanakan selama sebulan penuh ini kita harap bisa memberikan nilai tambah untuk seniman dan menjadi daya tarik wisata budaya,” imbuh Arief mantan Kepala Dinas Lingkungan Hidup ini.

Sementara itu, Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko menambahkan, dengan pertunjukkan ini bisa menjadi daya tarik wisatawan mancanegara. “Saya berharap ke depan ketika ada pertunjukkan seperti ini bukan hanya kita saja yang melihat, tapi juga dilihat oleh wisatawan mancanegara,” terang Dewanti.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga dilakukan pembagian insentif kepada juru pemelihara punden.

Judul berita Batu Culture Festival Digelar Sebulan Penuh, Dinas Pariwisata Kota Batu Siap Manjakan Wisatawan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Topik
Kota Batu Dinas Pariwisata

Berita Lainnya