Wali Kota Kediri Inginkan Urusan Kesehatan di Kota Kediri Tuntas, BPJS sebagai Jembatannya | Jatim TIMES
penjaringan-bakal-calon-jatimtimes099330c15d1b4323.jpg

Wali Kota Kediri Inginkan Urusan Kesehatan di Kota Kediri Tuntas, BPJS sebagai Jembatannya

Jun 08, 2022 16:25
Wali Kota Kediri saat menggelar forum kemitraan bersama BPJS Kesehatan. (foto: istimewa)
Wali Kota Kediri saat menggelar forum kemitraan bersama BPJS Kesehatan. (foto: istimewa)

JATIMTIMES - Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar menyampaikan bahwa sebagian besar warga Kota Kediri telah masuk kepesertaan jaminan kesehatan. Hal ini disampaikan pada forum kemitraan dengan para pemangku kepentingan kesehatan bersama BPJS Kesehatan. Forum kemitraan digelar di Ruang Joyoboyo Balai Kota Kediri, Rabu (8/6/22).

“Kita  sudah banyak bicara terkait BPJS, alhamdulillah menurut catatan kami sudah 97% warga Kota Kediri ini sudah tercover BPJS. Ini merupakan capaian yang luar biasa bagi Pemerintah Kota Kediri sehingga kami merasa sangat terbantu sekali dengan Universal Health Coverage. Namun juga masih ada sistem-sistem yang perlu diperbaiki,” ungkap Wali Kota Kediri.

Baca Juga : Dukung Akses Menuju Bandara Internasional Dhoho Kediri, Jalan Desa Banyakan Diperlebar

Pada kesempatan itu, Abdullah Abu Bakar juga menanyakan kepada pihak BPJS Kesehatan apakah hanya dengan menggunakan KTP, warga bisa punya akses untuk mendapatkan layanan kesehatan. Karena dikhawatirkan ketika warga berobat ke rumah sakit tidak diterima karena hanya membawa KTP saja tanpa membawa Kartu Indonesia Sehat (KIS). 

“Namun bila hanya dengan membawa KTP sudah bisa mengakses layanan kesehatan, alhamdulillah. Masukan dari saya, semua rumah sakit yang ada di Kota Kediri harus diberi edukasi. Kalau memang hanya dengan KTP sudah bisa akses layanan kesehatan sehingga tidak membuat warga bingung. Sejatinya masyarakat kami ini masih belum teredukasi secara komplit terkait dengan aturan baru BPJS,” jelasnya. 

Ke depan, Wali Kota Kediri juga mengungkapkan akan membuka sarana pengaduan. Apabila ada warga yang sudah menerima KIS/BPJS namun tidak diberikan layanan kesehatan saat di rumah sakit atau puskesmas bisa mengadu melalui sarana tersebut dan Pemkot Kediri juga bertanggung jawab akan hal itu. Karena semua pihak ingin urusan kesehatan di Kota Kediri tuntas dan di sini BPJS sebagai jembatannya. 

Baca Juga : BPJS Ketenagakerjaan Blitar Sukses Gelar Job Fair dan Career Expo, Wali Kota Santoso Beri Pujian

Hadir pula dalam acara ini Kepala Cabang BPJS Kesehatan Kediri Hernina Agustin Arifin, Sekretaris Daerah Kota Kediri Bagus Alit, Anggota DPRD Kota Kediri Ayub Wahyu, Kepala Dinas Kesehatan Fauzan Adima, serta pimpinan rumah sakit dan puskesmas.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari JatimTIMES.com. Mari bergabung di Grup Telegram , caranya klik link Telegram JatimTIMES, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.
Topik
BPJS Kesehatan Kediri BPJS Kesehatan

Berita Lainnya